Peringati 67 Tahun KAA, Museum Konferensi Asia Afrika Kibarkan 109 Bendera Negara Asia-Afrika

Kepala Museum KAA, Dahlia Kusuma Dewi mengatakan penaikan bendera itu melibatkan lebih dari 300 anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung. 

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Ravianto
Tribun Jabar
Museum Konferensi Asia Afrika akan menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati 67 tahun momen KAA. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung mengibarkan 109 Bendera Negara Asia-Afrika dan 1 bendera PBB pada peringatan 67 Tahun KAA di Museum KAA pada Senin (18/4/2022) pagi. 

Kepala Museum KAA, Dahlia Kusuma Dewi mengatakan penaikan bendera itu melibatkan lebih dari 300 anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung

Keterlibatan Pramuka KAA kali ini adalah kali pertama dalam tradisi pengibaran bendera di Museum KAA pasca pandemi. 

Pasalnya, tradisi tahunan ini sempat terhenti lantaran menghindari kerumunan massa selama pandemi. 

“Jadi, ini pengibaran bendera perdana bagi Pramuka pasca pandemi. Tahun lalu, staf museum sendiri yang mengibarkannya," jelas Kepala Museum KAA, Dahlia Kusuma Dewi. 

Untuk mengantisipasi kerumunan, pihaknya sengaja menyediakan siaran pengibaran secara daring melalui platform zoom dan kanal YouTube @asiafricamuseum.

​Pengibaran bendera lantas disusul acara sosialisasi Sejarah dan Nilai-nilai KAA. 

Dahlia mengatakan acara ini bertujuan sebagai refleksi terhadap sejarah KAA. 

Acara yang digelar di Ruang Utama Gedung Merdeka itu selain membatasi jumlah peserta yang hadir secara fisik, durasinya juga cukup singkat. 

Bertindak sebagai Pembina Upacara ialah Duta Besar Teguh Wardoyo,  dan upacara turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E., mewakili Gubernur Jawa Barat.

Pengibaran Bendera akan berlangsung selama sepekan. 

Pada Minggu (24/4/2022) petang bendera akan diturunkan kembali oleh Anggota Pramuka

"Dalam pelaksanaan Peringatan KAA tahun ini Museum KAA telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bandung," ujarnya.

Protokol kesehatan ketat turut pula diterapkan, dan sebagian besar acara masih akan berkonsep hybrid. 

Terdapat sejumlah rangkaian kegiatan dalam Peringatan 67 Tahun KAA kali ini yang akan berlangsung sejak April hingga Juni 2022. 

Selain Pengibaran Bendera, di Bulan April juga akan ada acara Jamuan Teh Petang bersama Saksi Sejarah KAA 1955 serta Peluncuran Prangko Peringatan 67 Tahun KAA. 

Di bulan Mei, Museum KAA juga akan menghadirkan acara Asian-African Friendship Day: International Students Gathering, dan donor darah.

Setelah itu, di bulan Juni akan digelar pula peluncuran komik dan maskot Museum KAA, konser Sahabat Museum KAA, dan tentunya event tahunan lomba edukasi sejarah Bandung Historical Study Games.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved