Mudik Lebaran 2022

Antisipasi Pasar Tumpah Saat Arus Mudik, Satlantas Polresta Cirebon Siapkan Upaya Ini

Ini upaya yang dilakukan oleh polisi untuk mengantisipasi pasar tumpah di Cirebon saat arus mudik.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sejumlah petugas saat menutup u-turn menggunakan barrier beton di Pasar Sandang Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, ditutup, Senin (18/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Satlantas Polresta Cirebon menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi pasar tumpah selama arus mudik Lebaran 2022.

Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polresta Cirebon, AKP Sae Mulyana, mengatakan, upaya yang disiapkan, di antaranya, penutupan u-turn sekitar pasar, pemberlakuan contraflow, dan lainnya.

Bahkan, termasuk pembersihan lapak pedagang di bahu dan badan jalan agar jalan di sekitar pasar menyempit sehingga menghambat arus lalu lintas.

"Kami menyiapkan rekayasa arus lalu lintas, tapi pemberlakuannya situasional melihat kepadatan arus kendaraan," kata AKP Sae Mulyana saat ditemui usai pemasangan barrier beton di u-turn sekitar Pasar Sandang Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, ditutup, Senin (18/4/2022).

Ia mengatakan, terdapat sejumlah titik pasar tumpah di sepanjang jalur mudik wilayah hukum Polresta Cirebon yang menjadi concern utama.

Di antaranya, Pasar Sandang Tegalgubug, Pasar Minggu Palimanan, Pasar Pasalaran Weru, Pasar Kue Plered, dan Pasar Gebang.

Pihaknya juga menyiapkan ratusan water barrier, traffic cone, tolo-tolo, pembatas jalan, dan lainnya yang lebih mudah dipindahkan saat penerapan rekayasa arus lalu lintas.

"Jadi, petugas di lapangan bisa langsung memindahkannya saat rekayasa arus lalu lintas diberlakukan di lokasi pasar tumpah tersebut," ujar Sae Mulyana.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengelola pasar untuk memastikan tidak ada pedagang yang membuka lapak di bahu dan badan jalan.

Ia berharap, mulai besok tidak ada lagi pedagang yang membuka lapak di bahu maupun badan jalan sehingga arus kendaraan di sekitar pasar berjalan lancar.

"Pemasangan barrier beton di u-turn sekitar pasar pada hari ini juga untuk mencegah para pedagang berjualan di bahu dan badan jalan," kata Sae Mulyana.

Baca juga: Jelang Arus Mudik, Empat U-Turn Sekitar Pasal Sandang Tegalgubug Cirebon Ditutup

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved