Pengamat Sebut Ada Situasi Buruk Jika Harga Pertalite, Gas Elpiji 3 Kg dan Tarif Dasar Listrik Naik

Pemerintah diminta tidak menaikan harga Pertalite, gas elpiji 3 kg hinga tarif dasar listrik karena akan berdampak besar.

Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Deanza
Pertalite kosong di SPBU Jalan Tamblong 


TRIBUNJABAR.ID,JAKARTA- Pemerintah diminta tidak menaikan harga Pertalite, gas elpiji 3 kg hinga tarif dasar listrik karena akan berdampak besar.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyebut, jika ada satu saja dari tiga komoditas itu yang harganya naik, akan berdampak pada daya beli 40 persen kelompok pengeluaran terbawah.

Menurutnya, kenaikan Pertalite dan gas elpiji 3 kg misalnya, bisa menciptakan inflasi hingga tembus 5 persen.

"Mau tidak mau masyarakat kelas bawah akan tetap pakai lpg subsidi karena kebutuhan utama. Akhirnya berimbas kemana- mana termasuk naiknya angka kemiskinan," kata Bhima Yudhistira saat dihubungi, Jumat (15/4/2022).

Di sisi lain, kata dia, pemerintah harus mewaspadai gejolak sosial ke depan karena dampak kenaikan harga.

"Ongkos pemulihan ekonominya akan sangat mahal. Sri Lanka saja sudah mundur kabinetnya, dan Kolombia tahun lalu juga menteri keuangan sampai mengundurkan diri karena tidak mampu kendalikan inflasi," ujarnya.

Jika kenaikan harga energi terus terjadi, kata Bhima, masyarakat pun akan mengurangi konsumsi barang lain seperti menunda pembelian peralatan rumah tangga, barang elektronik, otomotif, pakaian jadi dan kebutuhan lain.

"Efek terburuk adalah penutupan pelaku usaha UMKM disektor makanan minuman karena tidak kuat menanggung naiknya biaya produksi. Kalau UMKM gulung tikar, kita bisa perkirakan sendiri berapa banyak yang jadi pengangguran baru apalagi 97 persen serapan tenaga kerja ada di UMKM," tutur Bhima.

"Efek lain dari naiknya LPG 3 kg, kalau tidak hati-hati bisa sebabkan panic buying karena masyarakat antisipasi dengan membeli dalam jumlah besar sebelum kebijakan kenaikan LPG subsidi dilakukan. Di sisi lain mekanisme penjualan LPG 3 kg cenderung terbuka, risiko kelangkaan LPG 3 kg bisa jadi konsekuensinya," sambung Bhima.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jika Harga Pertalite Hingga Listrik Naik, Inflasi Tembus 5 Persen, Rakyat Miskin Bakal Melonjak,

 

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved