Nekat Mudik ke Jawa Barat Sebelum Lakukan Ini, Pemudik Akan Dicegat di Kampung Halaman

Gubernur mengatakan, langkah ini mereka lakukan untuk menjaga warga yang mudik tetap sehat, begitu pula keluarganya di kampung halaman.

tribunjateng/dok
Ilustrasi Mudik 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah akan menerjunkan petugas untuk mencegat para pemudik yang nekat pulang ke kampung halamannya sebelum menjalani vaksinasi Covid-19 tahap ke-3 atau vaksinasi booster.

Para pemudik akan dicegat di kampung halamannya.

"Jadi disuntik vaksin pas si pemudik tiba. Pemudik yang kebetulan lolos dan belum divaksin booster akan disuntik (vaksin) di tempat mudiknya," ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Masjid Raya Kota Bogor, Rabu (13/4) malam.

Baca juga: Kapan Jadwal Cuti Lebaran untuk ASN Jawa Barat? Ini Penjelasannya, Dilarang Mudik Pakai Mobil Dinas

Sejauh ini, ungkap Gubernur, Pemprov Jabar masih menginventarisasi daerah mana saja di Jabar yang menjadi mayoritas tujuan pemudik.

"Sedang kita hitung daerah-daerah yang pemudiknya banyak di Jawa Barat, nyegatnya di desanya," tegas Ridwan Kamil.

Gubernur mengatakan, langkah ini mereka lakukan untuk menjaga warga yang mudik tetap sehat, begitu pula keluarganya di kampung halaman.

"Tujuan mudik memang mulia, bisa bertemu dengan orang tua, tapi bereskan dulu potensi penyakitnya," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Berdasar pengalaman dan pendataan sementara, jumlah pemudik saat Lebaran di[erkirakan akan banyak dari wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek).

Maka dari itu, kata Emil, ia sudah meminta Bima Arya selaku Wali Kota Bogor untuk melakukan penguatan vaksin dosis ketiga.

"Rata-rata yang mudik ke Jabar dari daerah Bodebek. Datangnya momen mudik ini diarahkan penguatan untuk vaksin booster," kata Emil.

Diperbolehkannya kembali perjalanan mudik pada Lebaran tahun ini diumumkan langsung Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Baca juga: 6 Titik di Jalan Tol yang Berpotensi Bikin Macet saat Mudik Lebaran, Puncak Arus Mudik 29-30 April

Namum, untuk bisa melakukan perjalanan mudik, masyarakat harus lebih dahulu menjalani vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.

Mereka yang baru mendapatkan dosis kedua atau pertama boleh melakukan perjalanan mudik dengan syarat menjalani tes antigen atau tes PCR lebih dulu dengan hasil negatif.

Mereka yang sama sekali belum vaksin tak diperkenankan untuk mudik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved