Meski Kasus Melandai, Bupati Cirebon Minta Puskesmas Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pascalebaran

Pihaknya memastikan Pemkab Cirebon bakal menyiapkan ruang isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit meski kini tingkat keterisiannya relatif rendah

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, saat rapat koordinasi kepala puskesmas se-Kabupaten Cirebon di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Selasa (12/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, meminta puskesmas se-Kabupaten Cirebon mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pascalebaran.

Pasalnya, antisipasi tersebut penting dipersiapkan meski sejauh ini penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon kian melandai.

Terutama, menurut dia, kedatangan warga dari luar daerah yang mudik ke Kabupaten Cirebon pada momen Idulfitri nanti.

Baca juga: Sempat Mereda, Kasus Covid-19 Kembali Terdeteksi di Sumedang, Ada 7 Kasus Baru

"Mereka harus dipastikan sudah menjalani vaksinasi booster," ujar Imron Rosyadi saat ditemui usai rapat koordinasi kepala puskesmas se-Kabupaten Cirebon di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Selasa (12/4/2022).

Ia juga meminta seluruh puskesmas untuk berkoordinasi dengan para kuwu atau kepala desa untuk memantau kedatangan pemudik di wilayahnya masing-masing.

Bahkan, pihaknya memastikan Pemkab Cirebon bakal menyiapkan ruang isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit meski hingga kini tingkat keterisiannya relatif rendah.

Namun, jika diperlukan maka dua rumah sakit pemerintah yakni RSUD Waled dan RSUD Arjawinangun akan menyiapkannya untuk mengantisipasi lonjakan kasus.

"Saat ini, BOR rumah sakit di Kabupaten Cirebon masih rendah, tapi kami siap menambah kapasitasnya saat terjadi peningkatan kasus Covid-19," kata Imron Rosyadi.

Imron menyampaikan, Pemkab Cirebon juga tengah menggencarkan vaksinasi booster bagi masyarakat menjelang musim mudik Lebaran seperti sekarang.

Baca juga: Kondisi Terkini Kasus Covid-19 di Sumedang, Tak Ada Penambahan Kasus Baru dan Nol Kematian

Bahkan, vaksinasi booster juga digelar pada malam hari usai salat tarawih dan menyasar masjid maupun musala di Kabupaten Cirebon.

"Kami juga bekerja sama dengan unsur TNI - Polri untuk memepercepat capaian vaksinasi booster di Kabupaten Cirebon," ujar Imron Rosyadi.

Sementara hingga kini jumlah pasien terpapar Covid-19 di Kabupaten Cirebon yang masih menjalani isolasi hanya tersisa 27 orang

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved