Mudik Lebaran 2022

Jelang Musim Mudik, Polresta Cirebon Siapkan Rambu Lalu Lintas dari Water Barrier Hingga Mobil Derek

Sejumlah hal disiapkan oleh polisi di Cirebon menjelang mudik Lebaran 2022.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas Polresta Cirebon saat mengecat ulang pembatas jalan yang akan digunakan Polresta Cirebon untuk pengamanan arus mudik Lebaran, Selasa (12/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sejumlah petugas Satlantas Polresta Cirebon tampak menyusun water barrier, traffic cone, pembatas jalan, penunjuk jalan, dan lainnya, Selasa (12/4/2022).

Pengecekan rambu lalu lintas dan marka jalan itu dilaksanakan di Asrama Polresta Cirebon, Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon

Saat itu, beberapa petugas juga terlihat mengecat ulang pembatas jalan yang warnanya mulai memudar dan membersihkan penunjuk jalan.

Selain itu, kendaraan dinas yang akan digunakan untuk mengamankan arus mudik, yakni ambulans dan mobil derek juga dicek kondisinya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, mengatakan, seluruh rambu dan marka tersebut merupakan sarana prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan arus mudik Lebaran 2022.

Menurut dia, sebanyak 400 water barrier, 500 traffic cone, dan ratusan pembatas serta marka jalan disiapkan untuk digunakan di jalur arteri Kabupaten Cirebon.

"Kami pastikan semua sarana dan prasarana ini sudah siap digunakan untuk pengamanan mudik di wilayah hukum Polresta Cirebon," kata Arif Budiman saat ditemui seusai pengecekan.

Ia mengatakan, rambu dan marka jalan itu pun bakal digunakan untuk merekayasa arus kendaraan manakala terjadi kepadatan selama musim mudik.

Pihaknya mengakui sarana prasarama tersebut bakal ditambah karena saat ini masih dalam tahap pembuatan dan inventarisasi ulang untuk memastikan kebutuhan riilnya.

"Kami akan memperbarui sarana dan prasarana tersebut untuk memastikan kelayakan penggunaannya serta disesuaikan kondisi terkini," ujar Arif Budiman.

Arif menyampaikan, jika arus mudik Lebaran dimulai maka seluruh rambu dan marka jalan itu langsung disebar baik ke jalur arteri maupun alternatif.

Ia menyampaikan, jalur arteri dan alternatif di wilayah hukum Polresta Cirebon sendiri panjangnya kira-kira mencapai 40 - 50 kilometer.

Baca juga: Ini 3 Jalur Mudik Alternatif di Karawang, Polisi Sudah Antisipasi Jika Jalur Utama Penuh

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved