Puluhan Murid SD Ciloma Tak Lagi Khawatir, Kini Perahu Kemanusiaan Siaga Antar Mereka ke Sekolah

Siswa-siswi SDN Ciloma setiap hari mereka harus menumpang perahu kayu pencari ikan di aliran Sungai Cikaso untuk pulang dan pergi ke sekolah.

Istimewa
Perahu kemanusiaan, hadiah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akhirnya bisa mereka gunakan untuk transportasi ke sekolah. 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - PULUHAN murid SDN Ciloma di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, kini tengah berbahagia.

Perahu kemanusiaan, hadiah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akhirnya bisa mereka gunakan untuk transportasi ke sekolah.

Tidak seperti siswa lainnya di kebanyakan daerah di Jawa Barat, siswa-siswi SDN Ciloma setiap hari mereka harus menumpang perahu kayu pencari ikan di aliran Sungai Cikaso untuk pulang dan pergi ke sekolah.

Tak hanya jarak dan akses menuju sekolah yang menjadi hambatan, habibat buaya di wilayah sungai juga menjadi ancaman tersendiri bagi murid-murid sekolah jika harus menggunakan perahu kecil.

Baca juga: Perahu Kemanusiaan Melintasi Sungai Untuk Mengantar Siswa di Kabupaten Sukabumi Menuju Sekolah

Ketua Umum Jabar Quick Response (JQR), Bambang Trenggono, mengatakan perahu antar-jemput murid SDN Ciloma Sukabumi ini merupakan bukti kasih sayang dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Kang Emil berusaha sekuat tenaga ingin mewujudkan semua harapan warganya khususnya kebutuhan kebutuhan primer atau dasar," katanya kepada Tribun Jabar saat dihubungi melalui telepon, Minggu (10/4).

Bambang mengatakan, sebelumnya, aktivitas belajar di SDN Ciloma ini jarang mendapatkan perhatian. Selain karena aksesnya yang sulit, jarak sekolah ini juga sangat jauh dari permukiman.

"Namun, Kang Emil mengatakan justru warga Jabar yang jauh jaraknya ini harus jadi prioritas, agar diperlakukan seadil-adilnya," ucapnya.

Harapan Bambang, kasus seperti ini disikapi seadil-adilnya, agar seluruh warga Jabar merasakan hasil dan kinerja pemerintahan.

"Biasanya orang orang yang mudah terjangkau saja yang merasakan dampak kerja pemerintahan. ini juga bisa menerjemahkan sila kelima Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, " katanya.

CEO Wecare.id Gigih Septianto menyambut baik kolaborasi yang dilaksanakan bersama JQR.

Ia mengaku sangat mendukung upaya pemerataan pembangunan. Dirinya sengaja terjun langsung ke lokasi untuk melihat dan merasakan manfaat Perahu Kemanusiaan.

Baca juga: Sosok H Endang, Pemilik Jembatan Perahu di Karawang, Beli Mobil Pajero Pakai Uang Receh

"Terima kasih sekali untuk JQR yang telah ikut melibatkan Wecare bersama - sama berupaya membangun Jawa Barat dan sekitarnya. Adanya perahu ini bisa menjadi alat transportasi siswa-siswa yang rumahnya berada di bagian lain sungai," ucap Gigih.

Perahu kemanusiaan yang dibuat oleh JQR dan Wecare.id ini pun akhirnya diserahkan kepada pihak SDN Ciloma.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved