Anak-Anak Buat Sajam di Rel Kereta Api Saat Ngabuburit, Langsung Ditindak PT KAI Daop 3 Cirebon

Petugas mendapati anak-anak tersebut meletakkan paku maupun batang besi ke rel di kawasan itu yang tengah dilalui kereta api.

ISTIMEWA/ DOK. HUMAS PT KAI DAOP 3 CIREBON
Petugas PT KAI Daop 3 Cirebon memeriksa rel kereta api yang dipasangi batangan besi oleh anak-anak untuk membuat senjata tajam di Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Minggu (10/3/2022) sore. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon menemukan aktivitas anak-anak membuat senjata tajam di rel kereta api Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Minggu (10/3/2022) sore.

Saat itu, petugas mendapati anak-anak tersebut meletakkan paku maupun batang besi ke rel di kawasan itu yang tengah dilalui kereta api.

Bahkan, hal tersebut dilakukan berulang kali ketika kereta api lainnya lewat hingga batangan besi tersebut menjadi pipih kemudian diasah hingga tajam.

Baca juga: Sedang Patroli, Ketua RW Diserang Belasan Remaja yang Diduga Akan Tawuran, Diancam Parang

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengatakan, anak-anak yang kedapatan membuat senjata tajam itu dilakukan pendekatan melalui pembinaan kepada keluarga.

"Kami mengendekatan persuasif, karena mereka masih anak-anak yang perlu perhatian dan pembinaan ekstra," kata Suprapto melalui pesan singkatnya, Minggu (10/3/2022) malam.

Pihaknya berharap, para orang tua bisa berperan aktif dalam mengawasi anak-anaknya dan melarangnya untuk bermain di jalur kereta api.

Ia mengatakan, temuan itu berawal dari laporan masyarakat mengenai adanya aktivitas ngabuburit di rel kereta api di wilayah Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon.

Lima personel PT KAI Daop 3 Cirebon langsung diterjunkan ke lokasi untuk melaksanakan sosialisasi persuasif kepada warga serta anak-anak yang berada di jalur rel kereta api.

Pasalnya, menurut dia, beraktivitas di jalur kereta api jelas melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Baca juga: Remaja di Mesuji Selamatkan Diri dari Percobaan Rudapaksa, Begini Caranya Melawan

Selain itu, hal tersebut juga sangat berbahaya bagi keselamatan masyarakat, khususnya anak-anak itu sendiri, sehingga harus dihindari dan dicegah.

"Tindakan semacam itu tidak berdampak pada rel kereta api karena terbuat dari baja, namun lebih kepada keselamatan masyarakat itu sendiri," kata Suprapto.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved