Indonesia Urutan 5 Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia, Jadi Penyebab Kematian Tertinggi

Indonesia menempati urutan ke-5 negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) Atl

Editor: Mega Nugraha
istimewa
ilustrasi diabetes 

TRIBUNJABAR.ID- Indonesia menempati urutan ke-5 negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) Atlas 2021.

Data itu meningkat dua kali lipat dalam dua tahun 2019 sebesar 10,7 juta. Jumlah penderita diabetes pada 2020 mencapai 18 juta atau menigkat 6,2 peren dibanding 2019.

Diabetes sejak 2014 jadi penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia karena diabetes jadi ibu dari berbagai penyakit serius lain.

“Jadi memang benar, fakta kalau diabetes adalah ibu dari segala penyakit,” kata dr Wafa, Staff Divisi Endrokin, Metabolik, dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM- FKUI dalam media briefing virtual #BeatDiabetes Online Festival 2022 Tropicana Slim, Kamis (7/4/2022).

Penyakit yang bisa timbul dari diabetes antara lain stroke, gagal ginjal, pembuluh darah pecah ke otak hingga masalah gigi dan mulut.

Penderita diabetes di Indonesia diprediksi berawal dari faktor keturunan dan pola gaya hidup.

“Risiko keturunan diabetes yang kedua orangtuanya memiliki diabetes adalah 6.1 kali lebih tinggi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, obesitas juga menjadi salah satu faktor risiko diabetes.

Data dari penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Diabetologia di tahun 2020 menyebutkan, meski memiliki faktor risiko diabetes secara genetik yang rendah dan gaya hidup yang baik, mereka yang mengalami obesitas diketahui memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi sebesar 8 kali lipat, dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

Sementara, obesitas terjadi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan makan makanan tinggi gula dan lemak, dan jarang berolahraga fisik.

Umumnya penderita obesitas mengalami penumpukan lemak akibat kadar kolesterol yang tinggi. Mereka cenderung memiliki kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak daripada yang dibakar melalui olahraga dan kegiatan normal sehari-hari.

Hal ini ditambahkan oleh Founder Sobat Diabet, dr Rudy Kurniawan Sp.PD. Dip.TH dalam kesempatan yang sama.

“Pola hidup sehat menjadi kunci utama dalam mencegah dan menurunkan risiko diabetes,” ujarnya.

Penelitian pada The American Journal of Clinical Nutrition (2020) menemukan, bahwa menjalankan pola hidup sehat dapat berkaitan dengan penurunan tingkat kejadian diabetes hingga 60 persen.

Adapun yang termasuk sebagai pola hidup sehat pada penelitian ini adalah memiliki berat badan dan lingkar pinggang normal, tidak merokok, memiliki tingkat aktivitas fisik yang tinggi, menjalankan pola makan sehat yakni dengan mengonsumsi sayur, buah dan bijian frekuensi tinggi, serta rendah konsumsi daging.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Peringkat ke-5 Negara dengan Penderita Diabetes Terbesar di Dunia", Klik untuk baca:

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved