Meraih Keberkahan di Bulan Ramadhan

Ramadhan mengajarkan kepada kepada kita akan makna dan hikmah dari keberkahan Bahkan sering diistilahkan sebagai syahrul mubarok

H. TEDY RUSMAWAN, AT, MM Ketua DPRD Kota Bandung 

TRIBUNJABAR.ID - SETIAP orang tentunya menginginkan hidup bahagia dan berkah. Bahkan dalam setiap do'a yang dipanjatkan selalu terselip harapan untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat kelak dan dijauhkan dari siksa api neraka.

Sehingga tentunya sebagai orang yang beriman, keberkahan hidup menjadi cita-cita bersama agar selamat di dunia dan di akhirat kelak.

Kita sebagai warga negara yang baik tentunya juga berharap agar kota dan negeri kita yang tercinta ini mendapatkan curahan keberkahan dari Allah SWT sehingga terwujud negeri baldatun thoyyibatun wa robbun ghofuur.

Ramadhan mengajarkan kepada kepada kita akan makna dan hikmah dari keberkahan tersebut. Bahkan bulan Ramadhan sering diistilahkan sebagai syahrul mubarok (bulan keberkahan). Sebagaimana sabda Rasululloh SAW:

"Telah datang kepada kalian semua Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan dibelenggu dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan" (HR Ahmad).

Diantara keberkahan bulan Ramadhan :

Pertama, Pahala amal dilipat gandakan oleh Allah SWT bahkan tak terhingga. Amalan sunah di bulan Ramadhan diberi pahala wajib, dan amalan wajib di bulan Ramadhan dibalas dengan dilipatgandakan pahalanya, bahkan pahala puasa langsung Allah SWT yang membalasnya. Subhanallah.

Kedua, Jika amalannya baik di bulan Ramadhan maka akan mendatangkan manfaat yang besar bagi pelakunya. Hatinya akan tertata kembali dan pikirannya dibersihkan dari prasangka negative. Sehingga akan lebih optimis dalam menghadapi problematika kehidupan.

Ketiga, Ramadhan akan menjadi berkah apabila setelah Ramadhan ia menjadi semakin dekat dan bertakwa kepada Allah SWT. Perubahan diri menuju yang lebih baik itu artinya ia mendapatkan curahan keberkahan dari Allah SWT.

Keempat, Ramadhan mengajarkan kepedulian diantara sesama. Semakin banyak orang yang peduli dan berbagi dengan sesama terutama kepedulian kepada yatim,dhuafa, fakir, miskin dll. Sehingga kesolihan itu tidak cukup untuk pribadinya tetapi tumbuh menjadi kesholihan sosial. Berdampak pa,da tatanan hidup yang baik dalam bermasyarakat dan bernegara.

Kelima, Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an. Inilah keberkahan yang hakiki dan yang akan menyelamtkan hidup di dunia dan akhirat. Karena Al-Qur'an adalah pedoman hidup yang akan menghantarkan umatnya ke SurgaNya.

Itulah sebagian dari keberkahan di Bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT mencurahkan keberkahan kepada kita semua. Aamiiin

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved