bjb Haji Geyot Siap Meriahkan Ramadan dan Hidupkan Kembali Tradisi Ngabuburit

bank bjb bekerjasama dengan Badalohor Kreasi Indonesia kembali menghidupkan tradisi saat Ramadan dengan pemasangan bjb Haji Geyot

bank bjb
program bjb Haji Geyot 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) menyambut momen mulia Ramadan melalui kegiatan sosial dan keagamaan berupa berbagi takjil, buka puasa bersama, berbagi santunan dan pangan kepada yatim piatu dan dhuafa.

Selain itu, bank bjb juga akan memeriahkan Bulan Puasa dengan program bjb Haji Geyot. Hal ini bercermin dari kebiasaan masyarakat di wilayah Jawa Barat khususnya priangan timur yang kerap menyaksikan aksi Haji Geyot saat menunggu buka puasa alias ngabuburit.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto menjelaskan hampir belasan tahun keberadaan Haji Geyot mulai menghilang dan tidak lagi menghiasi sudut-sudut keramaian kota. Suara tabuhan beduk dan suara takbir yang biasanya meramaikan susasan menunggu buka puasa sekarang sudah tidak ada lagi.

Hilangnya keberadaan Haji Geyot ini dikarenakan kondisi fisiknya yang sudah tidak layak lagi dan dibutuhkan peremajaan.

"bank bjb bekerjasama dengan Badalohor Kreasi Indonesia kembali menghidupkan tradisi saat Ramadan dengan pemasangan bjb Haji Geyot yang akan menyemarakan dan menghidupkan suasana di bulan suci," kata Widi.

Widi menjelaskan Haji Geyot adalah sosok boneka kayu penabuh bedug berbusana muslim, berukuran besar yang kerap menjadi daya tarik di pusat keramaian selama bulan suci Ramadan. Bagi masyarakat khususnya anak-anak, keberadaan Haji Geyot tersebut sangat menghibur dengan pinggulnya yang bisa bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai irama tabuhan bedug.

Menurutnya, keberadaan boneka kayu Haji Geyot memberikan warna dan nuansa tersendiri untuk masyarakat yang sedang menanti waktu buka puasa sambil ngabuburit. Nama Haji Geyot diberikan masyarakat secara spontan ketika melihat gerakan boneka tersebut, goyangan pinggul tersebut yang dalam Bahasa Sunda disebut Ngageyot.

"bank bjb ingin menghidupkan kembali nuansa Ramadan dengan menjadikan Haji Geyot sebagai titik temu warga pada saat menunggu waktu berbuka puasa," kata Widi.

Pemasangan Haji Geyot Stay akan dilaksanakan di 4 titik meliputi Taman Braga, Alun-Alun Bandung, Taman Cikapayang Dago, dan Pusdai Bandung.

Selain itu, bank bjb juga menggelar Haji Geyot Road Show di dalam maupun di luar Bandung Raya yang akan dilaksanakan beberapa event kegiatan di area Haji Geyot meliputi Kabaret, Tausiah, Musik Akustik Islami, Quiz dan Dorprize bank bjb, Berbagi takjil dan makanan siap saji untuk berbuka, Penyediaan Masjid Mobile untuk para musafir, dan Bazar Sembako Murah.

Kegiatan Haji Geyot Road show di wilayah Bandung Raya akan dilaksanakan di beberapa titik ramai yang meliputi Taman Pandawa, Pasar Soreang/Sabilulungan, Area Majalaya, Alun-alun Ujung Berung, Pusdai Bandung, Gasmin (Gasibu Mini) Antapani, Alun-alun Regol, Alun-alun Lembang, Pemkot Cimahi.

Sedangkan di luar Bandung Raya meliputi Alun-alun / Masjid Raya Cirebon, Alun-alun / Masjid Raya Serang, Alun-alun / Masjid Raya Tasikmalaya, Alun-alun / Masjid Raya Cikarang, Alun-alun / Masjid Raya Sukabumi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved