Universitas Terbuka Genggam Mahasiswa Jalin Silahturahmi dengan Travel Lokal

Mahasiswa Universitas Terbuka berkesempatan untuk mengembangkan wirausaha, hal tersebut difasilitasi oleh Universitas Terbuka.

Kegiatan pengarahan kepada mahasiswa Direktur UPBJJ-UT Bandung, Kaprodi Kearsipan, Dosen Kearsipan dan Perpustakaan. 

TRIBUNJABAR.ID, Bandung, 4 April 2022. Mahasiswa Universitas Terbuka berkesempatan untuk mengembangkan wirausaha, hal tersebut difasilitasi oleh Universitas Terbuka.

Seluruh mahasiswa yang lolos berhak mendapatkan pendampingan dan pembiayaan guna memajukan usaha yang dimilikinya. 39 UPBJJ yang tersebar di seluruh Indonesia siap untuk membantu mahasiswa, salah satunya adalah UPBJJ-UT Bandung.

Hari ini, kegiatan pengarahan Program Kewirausahaan Mahasiswa dilakukan oleh Dosen Prodi Kearsipan dan Perpustakaan serta dibuka oleh Direktur UPBJJ-UT Bandung.

Ir. Herwati Dwi Utami., M.Hum. selaku Kaprodi Kearsipan memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang proposalnya sudah diterima.

Beliau juga memberikan arahan kepada mahasiswa bahwa “Perguruan tinggi mengimplementasikan tridarma, maka UT memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan PkM dengan mengajukan proposal dan direview oleh dosen UPBJJ-UT maupun dosen UT-Pusat, tujuannya semoga lulusan UT dapat berkompetisi, unggul dan berinovatif setelah lulus dari kuliahnya.

Kedepannya meningkatkan prestasi mahasiswa baik di dunia kerja maupun di kehidupan sehari-hari nantinya. Jangan lupa prosedur PkM ditaati dengan baik, kapan jadwal harus masuk, baik segi pelaporan maupun proses kegiatannya”.

Pada kesempatan yang sama, Drs. Enceng., M.Si menyampaikan “Bahwa Program ini merupakan, salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan kapabilitas, kapasitas kita dan penunjaang keterampilan, khususnya di bidang kearsipan. Kearsipan telah berkembang mengikuti perkembangan teknologi komunikasi.

Perkembangan terkini perlu diadaptasi sebaiknya dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara”. Seluruh mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing mendapatkan dana usaha. Peluang tersebut tentunya sayang untuk dilewatkan.

Kegiatan diskusi luring guna menentukan strategi wirausaha
Kegiatan diskusi luring guna menentukan strategi wirausaha ()

Sri Afaf, merupakan mahasiswa terpilih yang berasal dari UPBJJ-UT Bandung. Berawal dari kegemarannya dalam berwisata maka usahanya saat ini adalah bisnis travel. Balqis travel merupakan usaha gabungan dari beberapa mahasiswa sejak 2019, namun usaha tersebut sempat goyang diakibatkan pandemi.

Para mahasiswa kembali bersemangat dengan adanya pembukaan proposal program kewirausahaan. DM. Rachmaningsih selaku dosen pendamping menjelaskan bahwa mahasiswa sebaiknya tidak hanya berbisnis saja, namun dapat memadukan dengan ilmu yang telah dipelajari ditambah dengan kepekaan dengan fenomena yang sedang terjadi.

Arahan dan bimbingan diberikan melalui diskusi virtual, kegiatan tersebut dihadiri oleh dosen pendamping Santi Dewiki, M.Kes., Miftahunnisa Igiriza., M.A, Mustika Diana, M.A., Surya Adi Sasmita., M.A. Momen daring tersebut digunakan untuk berdiskusi, brainstorming, marketing, rebranding serta strategi untuk menggali inovasi baru.

Perlahan namun pasti pemerintah mulai melonggarkan peraturan perjalanan, perekonomian semakin stabil, besar harapan kami bisnis travel akan kembali lancar.

Memasuki bulan suci Ramadhan yang identik dengan persiapan mudik, maka kami hadir untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam menyediakan jasa penjualan Tiket Pesawat Domestik dan International & Tiket Kereta Api, Tiket Pelni, Jasa Sewa Mobil, serta Reservasi Hotel.

Mengingat adanya larangan mudik dari pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19, kami pun menyediakan layanan Transfer Antar Bank Lokal maupun Internasional, Top up e-wallet, Pulsa, Paket Internet, Kirim Paket maupun Hampers, agar masyarakat tetap bisa menjalin silaturahmi dengan sanak saudara maupun rekan kerja.

DM. Rachmaningsih menyebutkan bahwa lolosnya proposal yang didanai ini adalah prestasi yang bagi mahasiswa karena kompetisi tersebut diikuti oleh mahasiswa yang tersebar diseluruh wilayah UPBJJ-UT di Indonesia.

Kegiatan kemahasiswaan yang sifatnya positif sebagai pengembangan diri akan di dukung penuh oleh Dosen dan UPBJJ Universitas Terbuka.

Universitas Terbuka
Universitas Terbuka ()
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved