Cerita Awal Mula Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Jusuf Kalla oleh Alumni HMI Terungkap

Tanda tangan eks Wapres RI yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) dipalsukan oleh pengurus DMI, Arief Rosyid.

Editor: Mega Nugraha
Istimewa via tribunnews
Muhammad Arief Rosyid, eks pengurus DMI 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Tanda tangan eks Wapres RI yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) dipalsukan oleh pengurus DMI, Arief Rosyid.

Atas temuan itu, Arief Rosyid kemudian dipecat dari pengurus DMI.

Kasus dugaan pemalsuan tanda tangan itu terungkap saat protokol Istana Presiden menghubungi staf Jusuf Kalla untuk mengkonfirmasi undangan kickoff Festival Ramadhan di Masjid Istiqlal Jakart.

Penghubung Umum Pengurus Pusat DMI Husain Abdullah mengatakan, saat diberitahu stafnya, JK justru kaget lantaran tak pernah memberi izin untuk mengirimkan surat kepada pihak Istana.

Baca juga: SOSOK Arief Rosyid Hasan, Pengurus DMI yang Dipecat Karena Palsukan Tanda Tangan Jusuf Kalla

"Jadi orang protokol ini telepon ke staf Pak JK. Menanyakan apa benar ada surat dari bapak? Ditanyalah Pak JK. Pak JK kaget karena tidak pernah kirim surat," ujar Husain saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/4/2022).

Dia mengatakan, ada kebiasaan dari Jusuf Kalla jika hendak mengirim undangan pada koleganya.

Undangan resmi biasanya akan disusulkan setelah orang yang bersangkutan bersedia untuk hadir.

"Jadi tidak langsung nyelonong begitu kan enggak biasa. Biasanya sih menelepon. Habis itu disusul surat adminsitrasi," ujar Husain.

Selain itu, kata dia, Jusuf Kalla juga terbiasa membubuhkan tandatangan basah di surat yang akan dikirimya.

"Pertama, untuk menghormati yang disurati. Kalau pakai copy-an tanda tangan kan tidak nyaman buat dia, jadi biasa minta tanda tangan basah," ujar Husain.

Diketahui, Arief Rosyid memalsukan tanda tangan Ketum dan Sekjen DMI dalam sebuah surat terkait agenda Undangan Kickoff Festival Ramadhan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Surat bernomor 060.III/SUP/PP-DMI/A/III/2022, berisi undangan kepada wapres untuk menghadiri Festival Ramadhan serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatannya, berupa pameran UMKM, kuliner halal, buka puasa bersama, dan berbagai kegiatan selama sebulan penuh Ramadhan.

Sosok Arief Rosyid

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved