Kasus Subang Terbaru, 14 Tersangka Disikat AKBP Sumarni, Ada Barang Bukti Uang, Dompet, dan Hape

Kasus Subang terbaru, sebanyak 14 tersangka kasus narkoba disikat jajaran Polres Subang. AKBP Sumarni pimpin langsung jumpa pers.

Penulis: Ahya Nurdin | Editor: Kisdiantoro
Tribunjabar.id/Ahya Nurdin
Para tersangka kasus subang penyalahgunaan narkoba dihadirkan dalam acara jumpa pers yang dimpimpin langsung Kapolres Subang AKBP Sumarni. 

Laporan Kontributor Tribunjabar, Subang Ahya Nurdin

TRIBUNJABAR.ID,SUBANG - Kasus Subang terbaru, sebanyak 14 tersangka kasus narkoba disikat jajaran Polres Subang.

Mereka adalah para tersangka kasus Subang penyalahgunaan narkotika, selama sebulan terakhir.

Selain kasus subang penyalahgunaan narkoba, anak buah AKBP Sumarni juga menangani kasus subang penjualan miras tanpa izin.

Kemarin Kapolres Subang, AKBP Sumarni menunjukkan wajah 14 tersangka kasus Subang terbaru itu.

"Ada 12 kasus yang berhasil kita ungkap dengan jumlah tersangka sebanyak 14 orang, yang berhasil diringkus di beberapa TKP diantaranya  di kecamatan Ciasem, Tambakdahan, Subang Kota, Pamanukan, Patokbeusi, Cipeundeuy, dan Pagaden Barat," ujar AKBP Sumarni saat menggelar press release di Mapolres Subang, Kamis sore (31/3/2022).

Adapun ke 14 tersangka yang berhasil diamankan seluruhnya merupakan warga Subang diantaranya masing-masing berinisial, ZA, S, AG, AP, RI, TS, P, DI, BM, CS, FS, BP, AG dan H 

"Modus operandi para pelaku mengedarkan narkoba diantaranya dengan sistem transfer, menggunakan petunjuk peta kemudian tempel langsung dan juga ada yang menjual langsung seperti minuman keras' ucap Sumarni

Dari hasil pengungkapan selama 1 bulan tersebut, kata Sumarni, polisi mengamankan sejumlah barang bukti yang diamankan diantaranya sabu-sabu  34 gram, ganja sebanyak 266, 57 gram, 340 butir tramadol, serta 5 bungkus rokok, alat hisap, timbangan digital, handphone, tas, dompet plastik, klip, uang tunai sebanyak Rp 685.000.

Baca juga: Kasus Subang Makin Terang, Polisi Sudah Temukan TKP Baru, Ada Juga Saksi Baru yang Diperiksa

Dikatakan Sumarni, tidak hanya peredaran narkoba yang berhasil diungkap. Namun jajaran Sat Res Narkoba Polres Subang juga berhasil mengamankan satu mobil pickup box berisi ribuan botol miras tanpa ijin yang akan diedarkan di wilayah Pantura Subang

"Satu mobil boks berisi miras tersebut diamankan di SPBU Sukamelang, sementara ratusan botol berisi miras lainnya berhasil diamankan di Pasar Terminal Subang dan di warung di Kecamatan Binong "Katanya

Akibat perbuatannya, 9 orang tersangka penyalahgunaan narkotika dikenakan pasal 114 ayat 1 dan ayat 2 junto pasal 112 ayat 1 dan ayat 2 dengan ancaman sesingkat-singkatnya 5 sampai 6 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda minimal 8 miliar sampai dengan 10 miliar. 

Sedangkan 4 tersangka lain penyalahgunaan jenis ganja diancam pasal 114 ayat 1 Pasal 111 ayat 1 dengan pidana 20 tahun dan denda terendah Rp. 1 miliar.

Sedangkan 1 tersangka penyalahgunaan sediaan farmasi dalam bentuk obat-obatan pasalnya 196 junto pasal 98 ayat 2 dan ayat 3 juncto pasal 197 junto pasal 106 ayat 1 undang-undang 36 tahun 2009 tentang kesehatan ancaman minimalnya 4 tahun dan maksimal 10 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved