Dua Dadang Bertemu Hari Jadi Kabupaten Bandung Silaturahmi ke Mantan Bupati, Ada yang Sudah 90 Tahun

Dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Bandung ke 381 Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan, bersilaturahmi ke

TRIBUNJABAR.ID/LUTFI AHMAD MAULUDIN
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan, bersilaturahmi ke rumah para mantan Bupati Bandung, Jumat (1/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dalam rangka menyambut C ke 381 dan menjelang bulan Ramadan, Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan, bersilaturahmi ke rumah para mantan Bupati Bandung, Jumat (1/4/2022).

Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan,  salah satu tahapan dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Bandung yang ke 381, pihaknya bersilaturahmi ke rumahnya kasepuhan mantan Bupati Bandung.

"Pertama ke rumahnya, Pak Obar Sobarna, dilanjutkan ke Pak Sani, dan terakhir di Kang DN, pun lanceuk (Kakak)," ujar Dadang Supriatna, di rumah Dadang M Naser, yang berda di Ciparay, Kabupaten Bandung, Jumat (1/4/2022).

Menurut Dadang, safari silaturahmi bertegur sapa, dengan para mantan Bupati Bandung sudah berjalan lama, dari pemerintah Kabupaten Bandung yang dulu, sudah dilakukan dan saat ini terus dilakukan.

"Alhamdulillah dalam silaturahmi ini kita semua saling memaafkan, dan juga saling mendorong, mendoakan. Tentu saya secara langsung, secara pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada kesepuhan semuanya, dan para sesepuh dalem Bandung," kata Dadang.

Dadang mengungkapkan, insya Allah, sebelum dilaksanakan hari jadi Kabupaten Bandung, biasanya ada ziarah ke mantan para Bupati Bandung.

"Kita juga akan melakukan itu, tentu yang terpenting adalah dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan, ini momentumnya sangat luar biasa. Sekaligus saya menyampaikan mohon maaf, dan mudah-mudahan kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan sempurna," unarnya.

Mantan Bupati Bandung, Dadang M Naser, tentu  atas nama pribadi maupun keluarga menyambut baik tradisi yang lama yang telah dibangun.

"Menjelang hari jadi Kabupaten Bandung ke 381, setiap tahunnya biasa ada kunjungan Bupati kepada para mantan Bupati," kata Dadang M Naser, yang akrab disapa Kang DN ini.

Kang DN mengatakan, dulu jamannya jadi Bupati, mantan masih agak lengkap, ada pak Lili almarhum, pak Hatta, Pak Cerman, pak Sani, dan Pak Obar. 

"Nah sekarang tinggal 3, mudah-mudahan dipanjangkan umurnya, pak Sani katanya tadi sudah sekitar 90 tahun, paling tua," ucap dia.

Dadang menjelaskan, beliau itu menjabat Bupati Bandung setelah pak Lili, ke pak Sani, terus ke pak Cerman, terus ke pak Hatta, ke Pak Obar. 

"Nah pak Sani masih jumeneng, tinggal kita bertiga. Tentu ini tradisi yang baik yang dilakukan Pemkab Bandung, dalam hal ini pak Bupati berkunjung ke tempat saya, dengan penuh sukacitaan, dengan penuh kegembiraan, kami menyambut baik ritual ini atau kebiasaan ini," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved