Mudik Lebaran 2022

Jelang Mudik Lebaran, Pemprov Jabar Tambah 4 ATCS, Waspadai 7 Titik Kemacetan, Ini Lokasinya

Sejumlah hal disiapkan oleh Dishub Pemprov Jabar untuk arus mudik Lebaran 2022.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
ATCS yang disiapkan Dishub KBB untuk mengawasi arus lalu lintas dan pemudik. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat mewaspadai setidaknya tujuh titik persimpangan yang berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas pada masa mudik dan balik Idulfitri 1443 H / 2022 M. Sejumlah antisipasi pun disiapkan.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar A Koswara mengatakan persimpangan dan titik kemacetan mudik Lebaran 2022 di antaranya terdapat di Cileunyi, Nagreg, Limbangan, Gentong, dan Ciawi, 

"Itu di jalur selatan yang jadi persoalan. Lalu Puncak dan arah Pantura juga sama, serta terutama pintu-pintu keluar tol," ujar Koswara di Command Center Gedung Sate, Kamis (31/3/2022).

Ia mengatakan terus menambah jumlah Area Traffic Control System (ATCS).

Terbaru, meresmikan empat ATCS tambahan untuk dipasang di Kabupaten Bandung Barat, Subang, Sumedang, dan Ciamis.

"Bersamaan dengan peresmian unit reaksi cepat. ATCS itu adalah bagian dari bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat terhadap empat kabupaten tahun 2020-2021. Yang lainnya itu ada ATCS di bantuan keuangan tahun ini, itu ada lima kabupaten kota," katanya.

Ia mengatakan kehadiran ATCS ini bisa membantu untuk pemantauan dan pengaturan jalur mudik terutama untuk jalur yang ke arah timur dan selatan.

"Fungsi utamanya ATCS ini pengendalian lalu lintas berdasarkan kalkulasi secara teknologi, ada perhitungannya sehingga traffict light itu bisa optimal berdasarkan beban lalu lintas yang dilaluinya," katanya.

Ia mengatakan sudah banyak terdapat ATCS di Jabar, tinggal selanjutnya mengintegrasikannya menjadi sebuah sistem yang saling support dari daerah-daerah yang sudah memasang ATCS.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved