Capaiannya Masih Rendah, Pemkot Cirebon Genjot Vaksinasi Booster, Kerahkan Camat hingga Door to Door

Saat ini capaian vaksinasi booster di Kota Udang baru 18 persen dari total sasarannya 262198 orang.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon tengah menggenjot vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster untuk masyarakat.

Pasalnya, hingga kini capaian vaksinasi booster di Kota Cirebon masih rendah sehingga harus digenjot untuk mempercepatnya.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, saat ini capaian vaksinasi booster di Kota Udang baru 18 persen dari total sasarannya 262198 orang.

Baca juga: Monev Vaksinasi, Wabup Terus Dorong Partisipasi Masyarakat dan Ingatkan Prokes

"Hingga kini, jumlah warga yang telah divaksin booster mencapai 48860 orang," ujar Agus Mulyadi saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Kamis (31/3/2022).

Ia mengatakan, vaksinasi booster sangat penting diberikan ke masyarakat setelah mengikuti vaksinasi dosis kedua enam bulan sebelumnya.

Dalam interval waktu tersebut, imunitas orang yang divaksin mulai melemah sehingga harus menjalani booster untuk meningkatkannya kembali.

Pihaknya juga memastikan imunisasi polio, BCG, dan lainnya untuk balita tetap berjalan meski pelaksanaan vaksinasi Covid-19 khususnya dosis ketiga digencarkan.

"Imunisasi tetap berjalan sesuai waktu yang ditentukan, karena sama-sama pentingnya untuk para balita, dan tidak terganggu vaksinasi Covid-19," kata Agus Mulyadi.

Agus menyampaikan, Pemkot Cirebon telah menginstruksikan para camat untuk mengerahkan warganya mengikuti vaksinasi booster di sentra vaksinasi terdekat.

Baca juga: Meski Jadi Syarat Mudik, Capaian Vaksinasi Booster di Bandung Barat Masih Rendah

Selain itu, sinergitas dengan TNI - Polri juga diperkuat untuk membuka sentra vaksinasi di puskesmas, baperkam, hingga door to door ke rumah warga.

Upaya tersebut untuk mempercepat vaksinasi booster di Kota Udang sehingga target herd immunity masyarakat segera terbentuk.

"Kami juga meminta kesadaran masyarakat yang sudah waktunya vaksin booster segera datang ke sentra vaksinasi terdekat," ujar Agus Mulyadi.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved