Jaksa Minta Sidang Habib Bahar Online, Pengacara: Balapan MotoGP Sudah Offline, Masalahnya di Mana?

Ichwan Tuankotta, kuasa hukum Habib Bahar bin Smith mempertanyakan alasan Jaksa Kejati Jabar, sidang kliennya tidak dapat digelar secara offline. 

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Mega Nugraha
TRIBUNJABAR.ID/NAZMI ABDURRAHMAN
Sidang perdana terdakwa Bahar Bin Smith di Pengadilan Negeri Bandung yang diikuti kuasa hukumnya, Selasa (29/3/2022). Terdakwa dihadirkan secara online. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -Ichwan Tuankotta, kuasa hukum Habib Bahar bin Smith mempertanyakan alasan Jaksa Kejati Jabar, sidang kliennya tidak dapat digelar secara offline. 

Menurutnya, jika alasannya protokol kesehatan, mengapa gelaran MotoGp, konser musik dan sidang Habib Rizieq Shihab hingga M Kece dapat dilakukan secara offline. 

"Balapan sudah mulai, konser musik sudah mulai, mana lagi itu alasannya, kita sampaikan ada lima hal yang mengganggu sinyal. Sehingga sidang Habib Rizieq pun offline, sidang Habib Munarman pun offline, bahkan sidang penista agama M Kace, Ferdinand semua offline. Jadi masalahnya di mana?," ujar Ichwan, seusai sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (29/3/2022). 

Kliennya memiliki hak untuk melakukan pembelaan agar memperoleh keadilan dari perkara yang menjeratnya saat ini. 

Baca juga: 17 Pengacara Habib Bahar vs 10 Jaksa Kejati Jabar, Sidang Belum Mulai Jaksa Sudah Kalah

Habib Bahar pun, kata dia, sudah menyampaikan kepada tim kuasa hukumnya agar sidang digelar secara offline. 

"Tadi majelis hakim mengabulkan, Alhamdulillah dan Insya Allah menghadirkan terdakwa oleh pihak JPU," katanya. 

Jaksa Kejati Jabar 'Kalah'

Sidang belum digelar, jaksa Kejati Jabar 'kalah' oleh tim pengacara Habib Bahar. Sedianya, sidang digelar hari ini secara online. Namun Habib Bahar meminta offline.

Akhirnya, sidang Habib Bahar bin Smith ditunda. Terdakwa penyebaran berita bohong saat ceramah itu minta dihadirkan secara langsung dalam persidangan. 

Sidang bakal kembali digelar pada pekan depan secara offline di Pengadilan Negeri Bandung

Ichwan Tuankotta, kuasa hukum Habib Bahar mengajukan agar sidang ditunda lantaran kliennya enggan mengikuti sidang secara online. 

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejati Jabar, Suharja sempat menolak dan meminta agar sidang tetap digelar secara online. 

"Terkait permohonan pengacara Habib Bahar yang inginkan persidangan, namun kami tetap memohon kepada yang mulia untuk persidangan ini tetap online. Namun pada saatnya nanti putusan baru kita offline. Namun demikian kami menyerahkan putusan kepada yang mulia apakah akan offline atau sidang online," ujar Suharja. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved