17 Pengacara Habib Bahar vs 10 Jaksa Kejati Jabar, Sidang Belum Mulai Jaksa Sudah 'Kalah'

Habib Bahar bin Smith bakal didampingi 30 pengacara dalam sidang perkara dugaan penyebaran berita bohong. Sedangkan jaksa Kejati Jabar, hanya 10 orang

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Mega Nugraha
TRIBUNJABAR.ID/NAZMI ABDURRAHMAN
Sidang perdana terdakwa Bahar Bin Smith di Pengadilan Negeri Bandung yang diikuti kuasa hukumnya, Selasa (29/3/2022). Terdakwa dihadirkan secara online. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Habib Bahar bin Smith bakal didampingi 30 pengacara dalam sidang perkara dugaan penyebaran berita bohong. Sedangkan jaksa dari Kejati Jabar, hanya 10 orang.

Kuasa Hukum Habib Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta mengatakan, nantinya 30 pengacara itu akan bergantian membela Habib Bahar

"Pengacara yang hadir tadi ada 17 orang ya. Total semuanya ada 30 an. Nanti bergantian," ujar Ichwan Tuankotta, seusai sidang di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (29/3/2022). 

Pihaknya mengaku sudah menyiapkan semuanya seperti saksi dan bukti lain untuk membela kliennya. 

"Sudah itu semua sudah disiapkan, karena ini berkaitan dengan KM 50, tentunya kita akan membedah itu. Kita ingin media hadir untuk menyuarakan suara. Karena dakwaan jaksa ke sana arahnya, KM 50. BAP (Berita Acara Pemeriksaan) nya ke sana," kata Ichwan Tuan Kotta.

Soal saksi, dia merahasiakannya.

"Jumlah saksi masih rahasiakan, dari saksi JPU dulu," tambahnya. 

Dalam perkara ini, Bahar dianggap melanggar Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1945 tentang peraturan hukum pidana dan atau Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat 2 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 ayat 1E KUHPidana. 

Habib Bahar sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka setelah diperiksa penyidik Polda Jabar. Bahar ditetapkan tersangka atas kasus penyebaran berita bohong dalam ceramahnya di Margaasih, Kabupaten Bandung. 

Jaksa Kejati Jabar Kalah

Sidang belum digelar, jaksa Kejati Jabar 'kalah' oleh tim pengacara Habib Bahar. Sedianya, sidang digelar hari ini secara online. Namun Habib Bahar meminta offline.

Akhirnya, sidang Habib Bahar bin Smith ditunda. Terdakwa penyebaran berita bohong saat ceramah itu minta dihadirkan secara langsung dalam persidangan. 

Sidang bakal kembali digelar pada pekan depan secara offline di Pengadilan Negeri Bandung

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved