Ramadan 1443 H

Sering Diucapkan, Apa Arti Marhaban Ya Ramadhan? Kalimat yang Bikin Hati Sangat Gembira

Umat muslim akan menyambut bulan suci Ramadhan hanya dengan menghitung hari. Sering diucapkan, lantas apa arti dari Marhaban Ya Ramadhan?

Penulis: Salma Dinda Regina | Editor: Kisdiantoro
idbbmandroid.com
Umat muslim akan menyambut bulan suci Ramadhan hanya dengan menghitung hari. Sering diucapkan, lantas apa arti dari Marhaban Ya Ramadhan? 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menghitung hari, umat Muslim akan menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H.

Awal puasa Ramadhan diperkirakan jatuh pada tanggal 2 April 2022.

Menjelang bulan suci Ramadhan, tak jarang terdapat ungkapan khusus yang diucapkan untuk menyambut bulan puasa Ramadhan, yakni "Marhaban ya Ramadhan".

Sering didengarkan dan diucapkan, lantas apa arti dari Marhaban ya Ramadhan ini?

Baca juga: Kata-kata Selamat Puasa Ramadhan 2022, Buat Update Media Sosial, Tinggal Copas

Sebagai bentuk sambutan bulan suci Ramadhan, kalimat dalam bahasa Arab tersebut tak jarang menghiasi poster, spanduk dan media sosial.

Marhaban terambil dari kata rahb yang berarti "luas" atau "lapang", sehingga marhaban menggambarkan bahwa tamu disambut dan diterima dengan lapang dada, penuh kegembiraan serta dipersiapkan baginya ruang yang luas untuk melakukan apa saja yang diinginkan.

Dengan akar kata yang sama "marhaban", terbentuk kata rahbat yang memiliki makna "ruangan luas untuk kendaraan untuk memperoleh perbaikan atau kebutuhan pengendara guna melanjutkan perjalanan.

Kemudian, Marhaban ya Ramadhan berarti "Selamat datang Ramadhan" mengandung makna bahwa kita menyambutnya dengan tidak menggerutu dan tidak menganggap kehadirannya "mengganggu ketenangan" atau suasana nyaman kita.

Baca juga: 20 Ucapan Minta Maaf Marhaban Ya Ramadhan Kata-kata Mutiara Jelang Puasa Ramadhan dalam Bahasa Sunda

Mengucapkan Marhaban ya Ramadhan tersebut, tak lain karena sebagai umat, kita mengaharapkan supaya jiwa raga kita diasah dan diasuh guna melanjutkan perjalanan menuju Allah SWT.

itulah ulasan singkat mengenai arti Marhaban ya Ramadhan yang tak jarang diucapkan ketika menjelang bulan suci Ramadhan.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved