Manfaatkan CSR, Belasan Desa di Banyuwangi Ekspor Buah Naga

Sejumlah desa di Banyuwangi jalankan program Desa Sejahtera Astra (DSA) yang digulirkan PT Astra International Indonesia hingga bisa ekspor buah naga

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Pengiriman ekspor buah naga dari Banyuwangi 

TRIBUNJABAR.ID- Sejumlah desa di Banyuwangi jalankan program Desa Sejahtera Astra (DSA) yang digulirkan PT Astra International Indonesia sehingga bisa ekspor buah naga.

DSA sendiri sudah bergulir sejak 2018. Salah satu programnya dengan pendampingan pada petani buah naga.

Head of social engagement PT Astra International Indonesia, Triyanto, menjelaskan, lewat DSA, pihaknya ingin mendampingi para petani lokal. Melalui CSR-nya, kata dia, DSA fokus untuk memaksimalkan kualitas dari buah-buahan Banyuwangi yang akan diekspor.

"Supaya ekspornya bisa terus berlanjut," kata Triyanto, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/3/2022)

Berkat kolaborasi tersebut, petani asal Banyuwangi berhasil mengekspor buah naga dan buah-buah tropis lainnya ke sejumlah negara Eropa dan Singapura.

Bertempat di Desa Jembawangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi, ekspor senilai Rp1,8 miliar itu dilepas Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestyandani, Kamis (24/3).

Dalam sambutannya, Ipuk mengatakan, ekspor buah naga ini berasal dari 15 desa di wilayahnya. Dia menyebut hal ini sebagai bukti kualitas pertanian di daerahnya yang semakin meningkat.

"Kita semakin moncer pertaniannya," kata dia.

Menurut dia, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak. Salah satunya PT Astra International Indonesia melalui CSR-nya memberikan pendampingan kepada para petani di wilayahnya itu.

"Keberhasilan dari para petani di desa Jambewangi di Kecamatan Sempu ini merupakan buah dari komitmen dan kerjakeras semua pihak. Mudah-mudahan keterlibatan seluruh unsur ini tidak hanya dalam meningkatkan produksi, tapi juga nilai jual," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved