Berita Bank bjb

Bank BJB Dorong KUR untuk Klaster Komoditi Unggulan Daerah

Bank bjb mendukung Kredit Usaha Rakyat (KUR) klaster berbasis komoditi unggulan atau Klaster Komoditi Unggulan Daerah

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Demi meningkatkan akses pembiayaan KUR, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) melakukan skema pembiayaan pola kemitraan berbasis kelompok.

Pola kemitraan yang dibangun bank bjb  dilakukan atas dasar prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, dan menguntungkan yang melibatkan pelaku UMKM dan offtaker.

Sehingga, prinsip keinginan untuk bertumbuh dan berkembang bersama bisa tercapai.

Ini seperti yang dilakukan dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) klaster berbasis komoditi unggulan.

Baca juga: Right Issue Sukses, bank bjb Optimistis Jadi ‘Tandamata untuk Negeri’

Penyaluran KUR berbasis komoditi unggulan ini penting diperhatikan  karena bisa menjadi solusi untuk mempercepat recovery bagi UMKM, khususnya yang terdampak pandemi.

Hal tersebut dibuktikan melalui kolaborasi bank bjb Cabang Pangandaran dengan pengusaha tambak udang, Aan Andriana melalui perjanjian kerja sama kemitraan pembiayaan KUR kepada mitra binaan Aan Andriana di Pangandaran, pada awal Maret 2022.

Penandatangan kerjasama dilakukan Pemimpin bank bjb Cabang Pangandaran Aryanto dengan Aan Andriana disaksikan Deputi CEO Regional 3 bank bjb Aden Nurmawan dan Pemimpin Grup Kredit Program Divisi kredit UMKM bank bjb Firman.

Aan Andriana merupakan seorang pengusaha tambak Udang Vaname berpengalaman memulai usaha sejak 2002. Selain sebagai penambak mandiri, juga sebagai buyer bagi penambak di wilayah Bojongslawe Kabupaten Pangandaran.

Baca juga: Bank BJB Konsisten Dukung Ketahanan Pangan Daerah

Aan Andriana sudah mendapatkan jalur pengiriman pesanan rutin dari beberapa restoran dan rumah makan di kota besar seperti Bandung dan Jakarta serta untuk tujuan ekspor ke Jepang.

Program kemitraan bank bjb Pangandaran dengan Aan Andriana memiliki manfaat besar untuk kepastian penjualan budidaya Udang Vaname.

Penambak bisa semakin memajukan perekenomian dan tidak perlu lagi memikirkan penjualan pasca panen.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, menjelaskan kerja sama pembiayaan dengan pola kemitraan sebagai salah satu bukti saling mempercayai antara perbankan dengan pelaku UMKM terkait pembiayaan.

"Saling memberikan kebermanfaatan khususnya menumbuhkan ekonomi di Kabupaten Pangandaran yang sebagian besar mendapatkan penghasilan dari hasil laut. Dengan adanya pembiayaan ini, semakin menambah kesejahteraan khususnya bagi para penambak Udang Vaname di Pangandaran," kata Widi.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved