Berawal dari Bakar Rumput, Kandang Domba Milik Dani di Purwakarta Ludes Terbakar, 37 Domba Gosong

Sebanyak 37 ekor domba di Kampung Krajan Kabupaten Purwakarta hangus terbakar di kandang

Istimewa/ Damkar Purwakarta
Petugas Damkar Purwakarta saat memadamkan api di kandang domba milik Dani (51) warga Kampung Krajan, Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (17/3/2022). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Purwakarta, Dwiky Maulana Vellayati

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sebanyak 37 ekor domba di Kampung Krajan, Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, hangus terbakar di kandang, Kamis (17/3/2022) pagi.

Kepala UPTD Poswil Operasi II Wanayasa, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta, Jujun Juhari, mengatakan, informasi kebakaran kandang kambing di Kampung Krajan, Desa Wanayasa itu diterima pihaknya, sekitar pukul 08.30 WIB.

Kandang milik Dani (51) tersebut berukuran kandang sekitar 10 x 10 meter persegi.

Baca juga: Sebabkan Kebakaran yang Tewaskan Majikannya, TKI dari Serang Harus Bayar Denda Rp 800 Juta

"Informasi tersebut pertama kali disampaikan oleh warga setempat, di mana lokasi rumahnya berdekatan dengan kandang kambing yang terbakar itu," ujar Jujun saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis, (17/3/2022).

Usai mendapatkan informasi tersebut, kata dia, pihaknya langsung bergerak ke lokasi dengan mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran untuk melakukan penanganan.

"Petugas yang tiba di lokasi menemukan sebahagian besar kandang kambing berkonstruksi kayu tersebut sudah habis terbakar," katanya.

Menurut Jujun, berdasarkan keterangan pemilik kandang kambing itu, seperti biasanya sebelum pergi untuk pengambil makanan domba, si pemilik membakar sisa rumput kering di sekitar kandang untuk tujuan mengusir nyamuk.

"Namun pagi tadi si pemilik meninggalkan kandang dengan tidak seperti biasanya, tanpa diketahui si pemilik melihat kepulan api hitam di prediksi seputaran areal tempat tinggal hingga langsung pulang," kata dia.

Baca juga: Kebakaran di Kilang Pertamina Terjadi Lagi, Kali Ini di Kilang Balikpapan, Muncul Kepulan Asap

Jujun menduga, kebakaran kandang kambingnya itu kemungkinan disebabkan oleh tumpukan rumput kering yang sengaja dibakar sang pemilik kandang tersebut.

"Tanpa diketahui api sudah membesar dan melahap kandang domba tersebut sampai rata. Untungnya di seputaran areal terbakar hampir saja merambat ke rumah tinggal dan hanya mengenai sebagian atap rumah," ucapnya.

Untuk kerugian, kata Jujun, diperkirakan sekitaran kurang lebih Rp 150 juta rupiah.

"Kerugian ini sudah include dengan nilai kandang domba yang hangus terbakar serta 37 ekor domba yang mati terpanggang," Jujun menambahkan.

Baca juga: Sudah Selamat dari Kebakaran, Ibu Ini Nekat Terobos Api untuk Lakukan Hal Ini, Nasibnya Mengenaskan

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved