Tak Hanya Mobil Mewah, Baju Celana Pun Dibeli Doni Salmanan Pakai Uang Hasil Kejahatan, Kini Disita

Harta Doni Salmanan di Bandung yang dibeli pakai uang hasil kejahatan disita Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Editor: Mega Nugraha
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Mobil Porsche Carrera 911 milik Doni Salmanan yang disita polisi. Mobil biru itu sebelumnya dibeli Doni Salmanan dari Arief Muhammad seharga Rp 4 miliar. 

TRIBUNJABAR.ID,JAKARTA- Harta Doni Salmanan di Bandung yang dibeli pakai uang hasil kejahatan disita Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Doni Salmanan ditahan dengan status tersangka kasus penipuan, menyebar berita bohong yang merugikan konsumen hingga pencucian uang.

Modus tindak pidana yang dilakukan Doni Salmanan dengan perannya sebagai afiliator aplikasi trading Quotex yang memberlakukan trading binary options yang dilarang pemerintah karena sama dengan judi.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, barang mewah yang disita polisi dari pakaian hingga kendaraan.

"4 pasang sepatu yang nilainya juga tinggi, kemudian ada satu buah pasang jam tangan merek Hermes," ujar Gatot di Kantor Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Senin (14/3/2022).

Pakaian Doni Salmanan pun turut disita. Total ada 11 baju, celana hingga tas bernilai tinggi, termasuk buku trading.

"11 buah baju yang masuk kategori barang mahal, kemudian ada juga celana yang masuk kategori barang mahal, ada topi, tas barang mahal juga, kemudian ada juga 20 buku terkait trading, dan 3 buah CPU," jelas Gatot.

Ia menyebut, aset tak bergerak milik Doni Salmanan yang dibeli menggunakan uang hasil kejahatan juga turut disita. Yakni rumah di dua tempat di Bandung.

Aset bergerak seperti kendaraan bermotor  juga turut disita. Semuanya diduga dibeli menggunakan uang hasil kejahatan. Mobil mewah yang disita itu antara lain, satu unit Porsche 911 Carera 4S, 2 unit Honda CRV, 1 unit Fortuner, hingga 2 unit Kawasaki Ninja.

"Lalu 1 unit kendaraan motor BMW, 1 kendaraan bermotor Ducatti Super Legera, 5 unit kendaraan motor Yamaha Gear, 1 unit kendaraan bermotor KTM, ada 1 unit kendaraan motor MSI, 1 buah laptop Macbook Pro, 1 buku tabungan atas nama DS, ada juga 2 buku tabungan atas nama DMF, ada 1 buah kartu debit," ungkap dia.

Lebih lanjut, Gatot menambahkan pihaknya akan terus menyelidiki aliran dana yang terkait tindak kejahatan Doni Salmanan. Sebaliknya, penyidik pun masih terus berkoordinasi dengan stakeholder lainnya.

"Aliran dana penyidik sudah koordinasi dengan stakeholder untuk blokir dana serta periksa hasil dari dana tersebut. Kami masih lakukan tracing aset terus," pungkasnya.

Sebagai informasi, Doni Salmanan ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus judi online berkedok trading binary option melalui platform Quotex.

Adapun pasal yang disangkakan terhadap Doni Salmanan termaktub dalam pasal 45 ayat 1 Jo 28 ayat 1 UU ITE dan atau pasal 378 KUHP dan pasal 3 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Dalam beleid pasal tersebut, Doni Salmanan terancam hukuman pidana maksimal 20 tahun penjara. Hingga kini, Doni.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Barang-barang Mewah Doni Salmanan Disita: Jam Tangan Merek Hermes, Sepatu Hingga Belasan Baju Mahal,

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved