Jembatan Ambruk di Purwakarta, Seorang Pedagang Sayuran Keliling Ikut Terseret, Alami Luka-luka

Selain memutus jalan penguhubung di Desa Sukamukti tersebut ternyata terdapat salah seorang pedagang sayuran yang ikut terseret ke bawah sungai

Istimewa
Engkus (40) warga dari Kampung Sumurnangka Rt. 009/005 Desa Cijati, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta saat menjalani penanganan medis di Rumah Sakit Abduk Radjak Purwakarta, Minggu (13/3/2022). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Purwakarta, Dwiky Maulana Vellayati

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sebuah jembatan di Kampung Cibayongbong Rt. 003/001 Desa Sukamukti, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta mengalami ambruk, Minggu (13/3/2022) dini hari.

Selain memutus jalan penguhubung di Desa Sukamukti tersebut ternyata terdapat salah seorang pedagang sayuran yang ikut terseret ke bawah sungai saat akan melintasi jembatan dengan lebar jalan 12 meter, panjang jembatan 12 meter serta panjang longsoran 40 meter tersebut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Maniis AKP Suparlan.

Baca juga: Jembatan Leuwikeris di Cianjur Ambruk Diterjang Banjir, Warga Desa Cibanggala Tak Bisa Beraktivitas

"Kejadian longsor atau putusnya jembatan Cibayongbong diduga akibat dari tingginya curah hujan di wilayah Kecamatan Maniis selama beberapa hari terakhir, akibatnya tanah dan tanggul penyangga jembatan mengalami abrasi dan tidak kuat menahan beban jembatan," ujar Suparlan melalui laporan tertulisnya yang didapatkan TribunJabar.id, Minggu (13/3/2022).

Korban bernama Engkus (40), warga Kampung Sumurnangka Rt. 009/005 Desa Cijati, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta. Engkus yang hanya mengalami luka-luka pada bagian bibir.

"Pada saat kejadian cuaca cerah dan akibat dari kejadian tersebut akses jalan utama warga Desa Sukamukti menuju desa-desa lain di wilayah Kecamatan Maniis terputus serta terdapat 1 orang pedagang sayur keliling mengalami luka luka," katanya.

Sementara itu, saat ini korban sendiri sedang berada di Rumah Sakit Abdul Radjak untuk menjalani penanganan medis.

Selain itu juga, masih kata Kapolsek, pihaknya akan langsung melakukan lokalisasi area kejadian untuk menghindari longsor susulan serta menyiagakan aparatur setempat untuk mengamankan lokasi kejadian.

Baca juga: Jembatan Penghubung Ambruk, Warga Desa di Purwakarta harus Putar Jalan ke Cianjur untuk Aktivitas

"Lokasi kejadian berada cukup jauh dari area permukiman warga tetapi akibat dari kejadian tersebut mobilitas masayarakat menjadi terganggu," kata Kapolsek.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved