Setelah Direnovasi Pengunjung Situ Wangi Kawali Naik 10 Kali Lipat, Apalagi Nanti Munggahan

Situ Wangi kini semakin ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Andri M Dani
Wisatawan yang berkunjung ke Situ Wangi di Hayawang Desa Windu Raja, Kawali, Ciamis, Minggu (6/3/2022) usai keliling naik perahu. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Sejak penampilannya berubah total setelah direnovasi, pengunjung objek wisata Situ Wangi di Dusun Hayawang, Desa Windu Raja, Kawali, Ciamis naik sekitar 10 kali lipat.  

Terlebih setelah diresmikan Gubernur Jabar H Ridwan Kamil alias Kang Emil tiga pekan lalu.

“Sudah dua minggu ini sejak diresmikan pengunjungnya ramai terus. Terlebih hari libur Sabtu dan Minggu. Tadi pagi dan siang ramai sekali,” ujar Ahmad (50) petugas parkir di pelataran parkir Situ Wangi kepada Tribun, Minggu (6/3/2022).

Menurut  Ahmad, sebelum direnovasi pengunjung Situ Wangi setiap hari libur akhir pekan, Sabtu dan Minggu paling banyak hanya sekitar 50 orang.

“Mobil pengunjung yang parkir di sini tak banyak, tidak sampai sepuluh mobil. Sekarang, alhamdulillah, mobil pengunjung yang masuk dan parkir sampai puluhan. Hari ini saja lebih dari 50 mobil pengunjung yang masuk dan pergi,” katanya.

Ahmad memperkirakan pengunjung yang masuk Objek Wisata Situ Wangi setiap akhir pekan di tiga minggu terakhir sekitar 500 orang bahkan lebih.

“Hari ini ini tadi pagi dan siang, ada sekitar 500 orang lebih. Menjelang sore mulai sepi, banyak pulang. Menjelang munggahan nanti pengunjung diperkirakan akan membeludak,” ujar Ahmad.

Gubernur Jabar H Ridwan Kamil saat peresmian Situ Wangi Desa Windu Raja Kawali , Sabtu (219/2) siang. Kang Emil juga sempat berdialog dengan seorang warga yang tengah memancing di situ yang baru selesai direnovas tersebut
Gubernur Jabar H Ridwan Kamil saat peresmian Situ Wangi Desa Windu Raja Kawali , Sabtu (219/2) siang. Kang Emil juga sempat berdialog dengan seorang warga yang tengah memancing di situ yang baru selesai direnovas tersebut (Tribun Jabar / Andri M Dani)

Menjelang munggahan (menjelang masuk bulan puasa) pengunjung bakal membludak mengingat selain daya tarik Situ Wangi makin meningkat, terlebih deretan gazebo di sisi telaga tersebut tidak hanya cocok untuk istitahat, santai tetapi juga cocok untuk botram maupun ngaliwet, makan bersama.

Tahun 2021 lalu, Pemprov Jabar mengucurkan anggaran sebesar Rp 11 miliar untuk merenovasi Objek Wisata Situ Wangi.

Di sekitar telaga seluas 4,5 hektare dibangun berbagai fasilitas untuk daya tarik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved