Persib Bandung

PERSIB BANDUNG vs Persiraja, Misteri Wasit yang akan Memimpin Laga: Rully atau Ruli?

PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menunjuk wasit Ruli untuk menjadi pengadil dalam pertandingan Persib Bandung kontra Persiraja Banda Aceh.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Hermawan Aksan
istimewa
Foto ilustrasi wasit 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menunjuk wasit Ruli untuk menjadi pengadil dalam pertandingan Persib Bandung kontra Persiraja Banda Aceh di Stadion Gelora Ngurah Rai Denpasar, Bali, malam nanti.

PT LIB juga menunjuk Asprianton dan Fajar Sigit Prasetiyo sebagai asisten wasit satu dan asisten wasit dua.

Namun, belum dapat dipastikan apakah wasit Ruli yang ditetapkan oleh operator kompetisi merujuk pada nama Rully Ruslin Tambuntina atau bukan, sebab penulisannya berbeda.

Jika nama tersebut merujuk pada orang yang sama, maka ia adalah wasit asal Sulawesi Tengah yang merupakan anggota aktif TNI Denpal Divisi Infanteri 2 Kostrad berpangkat sersan satu (sertu).

Baca juga: TONTON Persib vs Persiraja Live Streaming Mulai Pukul 20.45 WIB: Menanti Rotasi Robert Alberts

Selama berlangsungnya kompetisi Liga 1 2021/2022, Rully tercatat telah memimpin tujuh pertandingan dan enam kali menjadi asisten wasit keempat atau wasit cadangan.

Dilansir Tribunjabar.id dari laman Soccerway, dipimpin oleh wasit Rully bukan hal baru bagi tim Persib Bandung.

Pasalnya, Rully sempat ditunjuk menjadi wasit pertandingan antara Persib Bandung kontra Persita Tangerang, di Stadion Wibawa Mukti (11/9/2021).

Dalam pertandingan yang dimenangi Persib dengan skor 2-1 tersebut, Rully mengeluarkan delapan kartu kuning bagi empat pemain di masing-masing tim.

Baca juga: CATAT JAMNYA Live Streaming PERSIB vs Persiraja: Robert Albert tak Khawatirkan Ancaman Kartu Kuning

Berikutnya, Rully pun kembali menjadi pengadil dalam laga Persib Bandung kontra PSM Makassar di Stadion Wibawa Mukti (2/10/2021).

Pertandingan itu berakhir dengan skor imbang 1-1 dan wasit mengeluarkan lima kartu kuning, yang terdiri dari tiga bagi pemain Maung Bandung dan dua bagi pemain Juku Eja.

Bagi tim Persiraja Banda Aceh, Rully belum pernah menjadi wasit bagi pertandingan tim besutan Sergio Alexandre tersebut musim ini.

Untuk mengenal lebih dekat profil sang pengadil, Sertu Rully telah mengantongi lisensi wasit C3 tahun 2007 tingkat Askot Kota Malang yang mempunyai lingkup wilayah Kota Malang.

Foto pertandingan Persib Bandung kontra Persita Tangerang, Sabtu (11/9/2021) malam.
Foto pertandingan Persib Bandung kontra Persita Tangerang, Sabtu (11/9/2021) malam, yang dipimpin wasit Rully Ruslin Tambuntina. (Tribunjabar.id/Deni Denaswara)

Kemudian pada tahun 2008 meneruskan lisensi menjadi C2 tingkat Asprov, hingga pada tahun 2009 memperoleh lisensi C1 tingkat nasional.

Kiprah memimpin pertandingan tingkat nasional dimulai pada pertandingan amatir pada tahun 2013, kemudian meningkat pada tahun 2016 memimpin pertandingan di Liga 2.

Akhirnya, pada tahun 2017 sampai dengan sekarang ia diberi kepercayaan memimpin pertandingan di Liga 1.

Akan tetapi, jika sosok Ruli dan Rully berbeda, maka ini kali pertama bagi Persib dan Persiraja Banda Aceh dipimpin oleh wasit tersebut.

Dilansir dari laman Soccerway, wasit Ruli baru memimpin tiga pertandingan dan empat kali menjadi wasit cadangan. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved