Wasekjen Demokrat Sebut Parpol yang Usul Pemilu 2024 Ditunda Sedang Cari Muka ke Jokowi

Tiga partai politik, PKB, Golkar dan PAN mengusulkan agar Pemili 2024 ditunda. Usulan mereka ditolak banyak pihak karena dianggap melanggar kontitusi.

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Wasekjen Partai Demokrat Jovan Latuconsina 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Tiga partai politik, PKB, Golkar dan PAN mengusulkan agar Pemili 2024 ditunda. Usulan mereka ditolak banyak pihak karena dianggap melanggar kontitusi. 

PDI Perjuangan dan Partai Demokrat, jadi dua partai yang menolak usulan itu. Wasekjen DPP Partai Demokrat Jovan Latuconsina menegaskan, penundaan pemilu melanggar aturan.

"Kami, Partai Demokrat, tidak takut menyuarakan kebenaran. Di sana sini sedang banyak masalah. Kita tahu memang tidak mudah. Tetapi hak konstitusi rakyat jangan dipotong. Kami terus berikhtiar untuk selalu tunduk pada konstitusi," kata Jovan.

Presiden Jokowi jauh-jauh hari sudah keberatan dengan wacana masa jabatan presiden jadi tiga periode. 

Baca juga: CATAT! Inilah 3 Ketua Umum Partai yang Usul Pemilu 2024 Ditunda, Dua Partai Ini Tegas Menolak

"Sudah jelas Presiden Joko Widodo menegaskan tidak ada perpanjangan jabatan Presiden. Tunda Pemilu sama dengan perpanjangan jabatan Presiden. Kata Presiden, ini sama dengan menampar muka beliau. Memalukan orang-orang yang ingin memalukan nama Presiden ini," kata pria lulusan Nanjing Tiongkok ini.

Ia setuju dengan peneliti BRIN, Wasisto Raharjo Jati yang menyebut parpol yang mendukung ide penundaan Pemilu dan Perpanjangan masa jabatan Presiden telah mengkhianati amanat reformasi. 

"Kalau Presiden diganggu terus dengan ide-ide gila ini, kasihan beliau. Presiden harus segera bersuara dan menghentikan wacana tunda Pemilu ini. Karena saya meyakini, ini bukan kehendak beliau, hanya orang yang mau cari muka saja sama beliau. Kalau Presiden diam, nanti orang pikir anggap benar. Sekali lagi kasihan nama Presiden dirusak oleh orang-orang bermental Orde Baru," kata dia.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan tegas menolak wacana penundaan pemilu.

“Kalau alasannya aspirasi rakyat, rakyat yang mana? Jangan main-main dengan suara rakyat. Kok ringan-ringan saja menabrak konstitusi? Kita berkeliling ke 34 provinsi dan ratusan kabupaten kota, yang ada masyarakat justru mengeluh atas kondisi hari ini yang tidak kunjung membaik. Prioritas pun tidak ada," kata AHY.

PKB Usul Pemilu 2024 Ditunda

Kader PKB yang bikin gaduh soal Pemilu 2024 ditunda adalah Muhaimin Iskandar, akrab disapa Cak Imin, Ketua Umum PKB.

Cak Imin mengatakan, usulan Pemilu 2024 ditunda itu setelah dia menerima pelaku UMKM, pengusaha dan ekonom.

"Dari seluruh masukkan itu saya mengusulkan pemilu 2024 itu ditunda satu atau dua tahun. Agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang dan kemudian tidak terjadi freeze (pembekuan ekonomi) untuk mengganti stagnasi selama 2 tahun masa pandemi," ujar Cak Imin dalam leterangannya, Rabu 23 Februari 2022.

Buka sehari dua hari atau sebulan dua bulan usulan Pemilu 2024 itu diusulkan oleh Cak Imin.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved