BPBD Purwakarta Catat Terjadi Sembilan Bencana Selama Februari, Tujuh di Antaranya Angin Kencang 

BPBD Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mencatat sembilan kejadian bencana akibat cuaca buruk sepanjang Februari 2022. 

Penulis: Dwiky Maulana Vellayati | Editor: Giri
istimewa
Ilustrasi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mencatat sembilan kejadian bencana akibat cuaca buruk sepanjang Februari 2022.  

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Dwiky Maulana Vellayati 

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mencatat sembilan kejadian bencana akibat cuaca buruk sepanjang Februari 2022. 

Sebanyak tujuh bencana akibat angin kencang terjadi di sejumlah titik hingga menimbulkan kerugian materi karena ada rumah warga alami kerusakan. 

"Februari 2022 ini, berdasarkan laporan yang kami terima ada empat rumah atau bangunan rusak, dan dua kejadian pohon tumbang akibat bencana hidrometeorologi," ujar Kepala BPBD Purwakarta, Juddy Herdiana Suhendar, Senin (28/2/2022). 

Atas kondisi tersebut, Juddy mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan memasuki pergantian musim ini. 

Meski kemunculan fenomena ini tidak dapat diprediksi, namun dapat mengenali tanda-tanda sebelum datangnya angin puting beliung. 

"Kalau melihat tanda-tandanya segera menyelamatkan diri," katanya. 

Baca juga: Saran Penyerang Agar Persib Bandung Menang dalam Laga El Calsico Melawan Persija Jakarta

Dia mengatakan, para personel BPBD Kabupaten Purwakarta siaga 24 jam untuk menghadapi kemungkinan yang terjadi akibat bencana alam

Selain itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait dari mulai RT, RW, kelurahan, kecamatan, hingga organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk antisipasi dan penanggulangan dampak bencana di Kabupaten Purwakarta. 

"Masyarakat yang tinggal di lokasi rawan harus waspada saat hujan dengan intensitas tinggi dengan waktu cukup lama. Selain itu kita juga minta masyarakat aktif melaporkan, dan yang terpenting masyarakat harus menjaga lingkungan untuk mencegah terjadinya bencana alam," kata dia. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved