Pentingnya Merek untuk Menjalankan Bisnis

Bagi pelaku usaha, mendaftarkan merek dagang menjadi hal yang penting. Selain untuk menamakan produk, juga sebagai perlindungan.

Editor: Kisdiantoro
Istimewa/Humas Jabar
ILUSTRASI 

TRIBUNJABAR.ID - Bagi pelaku usaha, mendaftarkan merek dagang menjadi hal yang penting. Bukan sekedar memberikan nama yang jelas untuk sebuah produk atau jasa, namun juga sebagai perlindungan.

Tentu tidak ada yang ingin merek buatannya yang sudah dibangun susah payah direbut oleh orang lain. Untuk itu, pengusaha pemula perlu mengembangkan dan mengurus pendaftaran merek. Berikut beberapa keuntungan yang didapatkan:

1. Sebagai Bentuk Perlindungan

Merek baru bisa mengantongi perlindungan yang sah secara hukum apabila sudah didaftarkan dan mendapatkan sertifikat dari Menkumham. Hal ini berarti, merek yang belum didaftarkan statusnya masih umum dan belum mendapatkan perlindungan. Orang lain bebas memakai merek tersebut, dan pemilik aslinya tidak dapat menuntut bilamana terjadi pencurian nama (konstitutif).

Agar hal seperti ini tidak terjadi, pendaftaran merek dagang menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Alasan keamanan selalu menjadi prioritas, sehingga bisnis dapat dijalankan dengan lebih tenang dan fokus pada pengembangannya. Setelah didaftarkan, merek tersebut akan aman secara hukum untuk 10 tahun sejak tanggal penerimaannya. Setelah lewat 10 tahun, pendaftaran wajib diperpanjang.

2. Ada Identitas Produk

Manfaat selanjutnya dari mendaftarkan merek adalah memberi identitas yang jelas pada merek bisnis.

Dengan demikian, produk maupun layanan yang baru saja diluncurkan oleh merek tersebut telah memiliki identitas. Bergantung dengan strategi yang diberlakukan, identitas ini bisa mudah dikenali oleh masyarakat atau justru sebaliknya.

Dengan identitas yang sudah terbentuk, proses branding akan lebih mudah. Hal ini karena tidak ada merek lain yang dapat menyerupai brand yang telah didaftarkan ini. Hak paten memegang peran yang kuat sehingga produk bisa dikembangkan dan bersaing secara sehat dengan kompetitor.

3. Memudahkan Promosi

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved