Korban Jiwa Berjatuhan Akibat Serangan Rusia ke Ukraina, Tank Lintasi Perbatasan

Bukan cuma korban harta, nyawa juga melayang akibat serangan pasukan angkatan darat Rusia ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022). 

Editor: Giri
AP/Aris Messinis
Asap hitam membubung ke angkasa dari pangkalan udara militer di Chuguyev, dekat Kharkiv, Ukraina, Kamis (24/2/2022). Rusia mulai melancarkan serangan militer berskala penuh ke Ukraina. 

TRIBUNJABAR.ID - Bukan cuma korban harta, nyawa juga melayang akibat serangan pasukan angkatan darat Rusia ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022). 

Serangan dilakukan hanya beberapa jam setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan invasi Donbas di Ukraina timur atau mengizinkan apa yang disebutnya sebagai operasi militer khusus di Ukraina timur.

Pusat Penjaga Perbatasan Ukraina mengatakan, tank Rusia dan alat berat lainnya melintasi perbatasan di beberapa wilayah utara, serta dari semenanjung Crimea yang dicaplok Kremlin di selatan.

Ukraina juga melaporkan kematian pertama akibat invasi darat.

Diberitakan Al Arabiya, menurut seorang penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina pada Kamis, sedikitnya delapan orang tewas dan sembilan orang mengalami luka-luka akibat serangan Rusia.

Penjaga perbatasan mengatakan, pasukan militer Rusia telah melintasi perbatasan Ukraina ke wilayah Chernihiv, Kharkiv, dan Luhansk.

Baca juga: Ukraina Mencekam Setelah Dibombardir Rusia Seusai Putin Nyatakan Perang, Kesaksian Seorang WNI

Ukraina mengatakan pada Kamis bahwa Rusia sedang memindahkan peralatan militer ke negara itu dari Crimea yang dicaplok dan bahwa Rusia menembakinya di seluruh negeri sampai ke wilayah Lviv di Ukraina barat.

“Negara kami juga menghadapi serangan siber tanpa henti,” kata seorang pejabat di Ukraina. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ukraina: 8 Orang Tewas dan 9 Terluka akibat Serangan Rusia

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved