Yana Apresiasi Tokopedia yang Tingkatkan Produk UMKM Kota Bandung, Ini 3 Usaha yang Penjualan Tinggi

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap kolaborasi dengan Tokopedia bisa meningkatkan UMKM binaan, omzet dan kualitasnya, ada tiga jenis usaha

Penulis: Tiah SM | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Cipta Permana
Webinar bertajuk menciptakan peluang kerja melalui usaha kreatif dalam masa pemulihan ekonomi yang diselenggarakan oleh Tribunjabar.id dan Disnaker Kota Bandung, Rabu (22/12/2021). Dari kiri ke kanan: Pemimpin Redaksi Tribunjabar.id, Adi Sasono; Pengamat Ekonomi Unpas, Acuviarta Kartabi; Ketua SBSI 92 Kota Bandung, Hermawan; Senior Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Nursida; dan Founder Laf Project, M Yusuf Sahroni. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung dan marketplace Tokopedia terus mendukung pemulihan ekonomi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Bandung.

Pasalnya, UMKM telah menjadi salah satu tulang punggung ekonomi Kota Bandung.

Terlebih kondisi pandemi Covid-19 telah memaksa UMKM untuk memasarkan produknya secara digital.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia Emmeryzan menerangkan selama 12 tahun Tokopedia hadir, telah mencapai pemerataan ekonomi secara digital. 

Di antaranya terdapat 11 juta pengguna Tokopedia, 100 juta pengguna aktif per bulan dan hampir menjangkau 99 persen kecamatan di Indonesia. 

"Untuk perkembangan di Kota Bandung, lebih dari 180 ribu pelaku UMKM memasarkan produknya melalui Tokopedia. Lebih dari 150 persen pertumbuhan jumlah pelaku UMKM Kota Bandung yang memasarkan produknya melalui Tokopedia selama pandemi,” ujar Emmeryzan di Pendopo Kota Bandung, Rabu( 23/02/2022.)

Pada tahun 2021, penjualan produk UMKM terjadi pertumbuhan sekitar 68 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Adapun 3 kategori dengan volume penjualan tertinggi di Kota Bandung yaitu fesyen, makanan dan minuman serta produk kesehatan," ujarnya. 

“Selain itu, banyak juga UMKM yang bergabung. Kami adakan kelas maju digital bagi pemula dan lanjutan. Kami berikan kelas gratis berkala,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved