Cegah PPKM Naik ke Level 4, Pemkot Cirebon Siapkan Penambahan Jumlah Tempat Tidur di Ruang Isolas

Hingga kini bed occupancy ratio (BOR) rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Cirebon mencapai 47 persen.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon menyiapkan langkah khusus untuk mencegah PPKM naik ke level 4.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengakui jika dilihat dari jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit maka Kota Cirebon telah memenuhi indikator PPKM Level 4.

Sebab, menurut dia, hingga kini bed occupancy ratio (BOR) rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Cirebon mencapai 47 persen.

Baca juga: Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Tetap Buka Meski di Tengah PPKM Level 3, Ini Alasannya

"Indikator PPKM Level 4, yakni 30 pasien dirawat inap per 100 ribu penduduk sudah terpenuhi di Kota Cirebon," kata Agus Mulyadi saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Sabtu (19/2/2022).

Karenanya, pihaknya berupaya menekan tingkat keterisian rumah sakit untuk mencegah PPKM di Kota Cirebon naik ke level 4 dalam rapat evaluasi pekan depan.

Ia mengatakan, salah satunya ialah menambah jumlah tempat tidur di ruang isolasi di seluruh rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

Pasalnya, saat ini seluruh rumah sakit di Kota Udang dipastikan belum meningkatkan jumlah tempat tidur di ruang perawatan ke kapasitas maksimal.

"Penambahan kapasitas ini yang kini tengah dipersiapkan, dan diharapkan dapat menekan angka BOR sehingga PPKM tidak naik ke level 4," ujar Agus Mulyadi.

Baca juga: Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19, Karawang Berstatus PPKM Level III

Agus menyampaikan, pada dasarnya seluruh rumah sakit di Kota Cirebon siap menghadapi lonjakan kasus Covid-19 meski memerlukan waktu untuk menambah kapasitas ruang perawatan.

Sebab, rumah sakit telah mempunyai pengalaman dalam menangani lonjakan pasien Covid-19 saat gelombang dua pada pertengahan 2021.

"Jadi, tinggal diaktifkan kembali, dan skema penambahan kapasitas ruang perwatannya juga bertahap, tapi secara umum dipastikan siap," kata Agus Mulyadi.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved