Kasus Covid-19 di Purwakarta Terus Meningkat, BOR Hampir Capai 50 Persen

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purwakarta terus naik yang membuat BOR juga meningkat.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Giri
Peta sebaran kasus positif Covid-19 di Purwakarta. (Dok. Diskominfo Purwakarta) 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purwakarta terus naik. Kini dilaporkan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR), juga mengalami peningkatan.

Hal itu disampaikan Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana, saat dihubungi, Jumat (18/2/2022).

"Jumlah keterisian BOR di rumah sakit juga sekarang sudah 45 persen," kata Iyus.

Iyus mengatakan, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, yang saat ini sedang melaksanakan isolasi mandiri akibat positif Covid-19 juga telah menginstruksikan kepada para kepala desa untuk menyediakan tempat isolasi terpadu (isoter) di setiap desa.

"Di tempat isoter itu minimal tersedia empat bed untuk menambah jumlah tempat tidur di Kabupaten Purwakarta. Jadi kalau semua desa ada berarti bed di kita bertambah lebih dari 600, ditambah di rumah sakit dan juga puskesmas bisa sekitar dua ribuan bed," ucapnya.

Penambahan bed , kata Iyus, merupakan bagian dari antisipasi ketika kasus varian baru Omicron mencapai puncaknya di angka 2.000 orang bisa mencukupi untuk merawat pasien.

"Kemarin saat varian Delta ada sekitar 1.794. Kalau Omicron ini jika mencapai 2.000, tempat tidur bisa mencukupi," kata dia.

Upaya itu, kata Iyus, ditempuh agar keterisian tempat tidur tidak mencapai 50 persen sesuai yang diinstruksikan Kementerian Kesehatan.

"Sebetulnya tempat isolasi di tiap desa itu sudah diinstruksikan, hanya saja dana desanya belum turun. Tapi sekarang sudah ada jaminan dari bupati dan akan segera dicairkan ke desa," ungkap dia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved