Jaga Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN UP3 Cimahi Edukasi Perkumpulan Perlayang Indonesia

PLN UP3 Cimahi bekerjasama dengan Perkumpulan Perlayang Indonesia Kota Cimahi adakan sosialiasi terkait Keselamatan Ketenagalistrikan di Lapak Legend

dok. PLN UP3 Cimahi
PLN UP3 Cimahi bekerjasama dengan Perkumpulan Perlayang Indonesia Kota Cimahi adakan sosialiasi terkait Keselamatan Ketenagalistrikan di Lapak Legend 

TRIBUNJABAR.ID - PT PLN (Persero) UP3 Cimahi bekerjasama dengan Perkumpulan Perlayang Indonesia Kota Cimahi, mengadakan sosialiasi terkait Keselamatan Ketenagalistrikan di Lapak Legend, Kampung Ciuyah, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Acara yang digelar, pada 31 Januari 2022 itu bersamaan dengan Lomba Giblur 105-120 diikuti oleh puluhan peserta pecinta layang-layang yang ada di Kota Cimahi.

Langkah tersebut dilakukan karena salah satu penyebab gangguan kelistrikan yang seringkali terjadi, salah satunya diakibatkan dari permainan layang-layang yang kerap kali bersinggungan dengan jaringan listrik.

Selain mengakibatkan gangguan yang menyebabkan listrik padam, terdapat pula potensi bahaya mengintai bagi warga yang bermain layang-layang di wilayah yang terdapat jaringan kabel listrik.

Dalam sosialisasi tersebut, PLN menekankan bagaimana layang-layang bisa berimplikasi cukup besar terhadap keandalan jaringan listrik yang tentunya berpotensi memberikan kerugian bagi masyarakat luas.

Apalagi jaringan listrik terhubung antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya, bilamana dikarenakan permainan layang-layang yang tidak tertib, maka bukan hanya satu pelanggan PLN saja yang dirugikan, tetapi bisa merugikan puluhan bahkan ratusan pelanggan PLN dikarenakan listrik bisa padam.

Selain itu, penggunaan arku atau benang untuk bermain layang-layang juga sangat penting untuk diperhatikan karena apabila arku atau benang layangan menggunaan material konduktor yang mampu menghantarkan listrik, terdapat potensi bahaya tersetrum bila kemudian menyentuh kabel yang bermuatan listrik.

Salah seorang peserta Roni (35) mengaku baru mengetahui bahwa layang-layang bisa berakibat fatal bagi kelangsungan jaringan PLN.

“Saya memang main layangan dari kecil, cuman baru tahu kalau tidak tidak tertib bisa menyebabkan listrik satu kampung tidak menyala. Mungkin harus diedukasi terutama ke anak-anak agar memperhatikan keberadaan jaringan listrik sebelum bermain layang-layang.” ungkapnya.

PLN secara proaktif terus melaksanakan sosialisasi kepada berbagai lapisan masyarakat maupun komunitas. Gangguan yang diakibatkan oleh layangan menjadi salah satu dari penyebab gangguan tertinggi terutama di wilayah PLN UP3 Cimahi.

Diharapkan setelah sosialisasi ini, para penggiat layang-layang bisa menyampaikan ke warga lainnya agar kejadian gangguan maupun kecelakaan ketenagalistrikan yang diakibatkan layang-layang bisa berkurang secara signifikan.

Acara ini digelar bertepatan dengan momen Bulan K3 Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Januari 2022 sampai 12 Februari 2022.

Selain sosialisasi untuk publik eksternal, PLN UP3 Cimahi juga menggelar sejumlah kegiatan internal untuk meningkat awareness dan kepedulian seluruh petugas dan pegawai PLN terhadap isu Kesehatan dan Keselamatan Ketenagalistrikan melalui kegiatan apel secara virtual maupun Lomba Cerdas Cermat K3L.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved