Kasus Covid-19 di Kota Cirebon Meningkat, Satpol PP Bakal Gencarkan Operasi Yustisi Prokes

Operasi itu bertujuan untuk menggugah kembali kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Warga menjalani sanksi push up saat terjaring operasi yusitis protokol kesehatan di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Kamis (17/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Satpol PP Kota Cirebon bakal menggencarkan operasi yustisi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang Penertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibumtranmas) Satpol PP Kota Cirebon, Suweka, mengatakan, hal itu berkaitan masih diberlakukannya PPKM level 3 di Kota Udang.

Menurut dia, operasi itu bertujuan untuk menggugah kembali kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Baca juga: Suporter Minta Pemain Persib Disiplin Protokol Kesehatan, Ada yang Ketahuan Nongkrong Tanpa Masker

"Kasus Covid-19 di Kota Cirebon trennya meningkat, sehingga upaya pencegahan harus digalakkan," ujar Suweka saat ditemui usai operasi yustisi di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Kamis (17/2/2022).

Ia mengatakan, rencananya operasi yustisi bakal digelar tiga kali dalam sepekan bersama unsur TNI, Polri, dan lainnya di sejumlah titik.

Nantinya, petugas akan menjaring warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan, misalnya tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Pihaknya juga memastikan para pelanggar protokol kesehatan yang terjaring operasi yustisi langsung diberikan sanksi di tempat.

"Sanksinya dari mulai teguran lisan, sanksi sosial, hingga denda, tergantung pada bentuk pelanggarannya seperti apa," kata Suweka.

Selain operasi yustisi semacam itu, patroli penerapan protokol kesehatan di restoran, mal, pusat perbelanjaan, hotel, dan lainnya pun bakal digencarkan.

Suweka menyampaikan, kegiatan tersebut juga melibatkan instansi terkait yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19 Kota Cirebon.

Baca juga: Presiden Jokowi Batal Pantau Langsung Vaksinasi di Majalengka, Warga Jatitujuh Kecewa Gagal Bertemu

"Upaya-upaya ini dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di Kota yang kini meningkat cukup signifikan," ujar Suweka.

Sebab, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Cirebon yang pada akhir pekan lalu mencapai 204 orang, kini bertambah menjadi 335 orang.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved