Banjir Kepung Sejumlah Titik di Ciloto Puncak Termasuk Jalur Protokol, Akibat Sungai Cikundul Meluap

Beberapa titik yang mengalami banjir wilayah Ciloto, mulai dari Seger Alam, tugu Botol Kecap, pembangunan jalur penyelamat

Tangkapan layar video amatir
Hujan deras yang mengguyur kawasan Cipanas mengakibatkan banjir di beberapa titik, Rabu (16/2/2022) petang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR- Hujan deras yang mengguyur kawasan Cipanas mengakibatkan banjir di beberapa titik, Rabu (16/2/2022) petang.

Dalam rekaman sebuah video amatir warga, sebuah pesantren dikabarkan terendam banjir akibat Sungai Cikundul meluap.

Banjir juga terjadi di sejumlah kampung di Desa Ciloto, kemudian di beberapa wilayah Desa Sindanglaya, termasuk jalur protokol Cipanas, tak luput dari kepungan air.

"Beberapa titik yang tergenang air karena memang hujannya yang begitu deras dan intensitas cukup lama sejak sore tadi," kata Kepala Desa Ciloto, Marwan, saat dihubungi, Rabu (16/2/2022).

Ia mengatakan banjir serta air yang meluap hingga ke jalur protokol diduga akibat berbagai faktor.

Di antaranya adanya beberapa pembangunan di lahan bukit wilayah Ciloto, drainase yang kurang optimal di jalur Ciloto, hingga kurangnya kesadaran masyarakat akan buang sampah.

Baca juga: Waspada, Banjir Susulan Masih Mengancam Warga KBB, Status Siaga Darurat Ditetapkan hingga April

"Dulu itu tak sampai seperti ini. Mungkin karena waktu itu belum banyak pembangunan di wilayah perbukitan, sehingga serapan air di atas jadi gundul dan bisa mengakibatkan banjir," katanya.

Beberapa titik yang mengalami banjir wilayah Ciloto, mulai dari Seger Alam, tugu Botol Kecap, pembangunan jalur penyelamat, hingga ke bawah di wilayah kantor desa.

"Kebanyakan air yang meluap dari atas bukit hingga ke jalan-jalan dan ada yang memang ke pemukiman warga. Tapi tak sampai serius," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau masyarakat termasuk meminta ke kementerian terkait agar lebih mengoptimalkan saluran drainase di wilayahnya.

Tak hanya itu, jalur protokol di kawasan ruko pasar Cipanas pun, kembali diterjang banjir. Hampir di jalan tersebut mulai dari pertigaan Sindanglaya hingga ke perempatan jalan pasar Cipanas tergenang air.

"Memang tadi sore di saat hujan deras, beberapa titik jalur Cipanas tergenang air, bahkan hingga setinggi betis orang dewasa," kata salah seorang warga Cipanas, Rio (30).

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved