Perangkat Desa Protes Ambulans Tak Bisa Bawa Jenazah dari Rumah Sakit, RSUD Sebut Ada Aturannya

Ketua Apdesi Kabupaten Cianjur Beni Irawan, mempertanyakan pihak RSUD Sayang Cianjur yang melarang mobil ambulans desa membawa jenazah.

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
RSUD Sayang Cianjur 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Cianjur Beni Irawan, mempertanyakan pihak RSUD Sayang Cianjur yang melarang mobil ambulans desa membawa jenazah.

"Mobil ambulans itu untuk dipakai, pertama orang sakit, kedua untuk orang yang meninggal, kenapa ini diperdebatkan," katanya, Minggu (13/2/2022).

Beni mengatakan ia sudah mendapat laporan dari para sopir ambulans desa.

"Para Kepala Desa mendapatkan laporan dari sopir ambulans, saya rasa ini baru pertama kali, sebelumnya tak seperti ini, kami sangat keberatan dengan hal tersebut," katanya.

Kepala Instalasi Ambulans RSUD Sayang Cianjur, Edi, mengatakan kegunaan mobil jenazah dengan ambulans berbeda. Mobil jenazah yang harus dipergunakan untuk pelayanan rumah sakit

"Kalau rumah sakit pelayanannya harus optimal dan maksimal dimulai datang, bahkan kalau perlu dari mulai rumah dijemput oleh ambulans rumah sakit, kita punya ambulan jemputan jenazah," kata Edi.

Dirut RSUD Sayang Cianjur, Darmawan, mengatakan, RSUD Sayang Cianjur mempunyai aturan tersendiri terkait penjemputan jenazah.

"Jadi bukannya kami tidak mengizinkan, karena akreditasi rumah sakit itu nggak boleh. Kami wajib memberikan pelayanan sampai selesai semua pasien harus pulang sehat atau pulang dia sebagai jenazah," kata Darmawan.

Ia mengatakan, tidak boleh sembarangan menggunakan kendaraan ambulans untuk jenazah.

"Sebaiknya jangan mengangkut jenazah, aturannya begitu. Kalau memang sudah terdesak sekali ya boleh. Tapi intinya kami harus memberikan pelayanan yang bertanggungjawab untuk pasien," kata Darmawang. (*) 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved