Covid di Majalengka

Majalengka Alami Kenaikan Besar Kasus Covid-19 Kedua Dalam 3 Bulan Terakhir, Warga Diimbau Waspada

Kasus Covid-19 di Majalengka kini mulai naik lagi. Terjadi kenaikan kasus terbesar kedua dalam 3 bulan terakhir.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Eki Yulianto
RUANG isolasi di RSUD Cideres Majalengka. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Majalengka pada Sabtu (12/2/2022) tercatat ada 48 orang.

Kenaikan ini terbesar kedua dalam tiga bulan ke belakang.

Pada hari sebelumnya, kasus baru mencapai 61 kasus.

“Ya, betul dalam satu hari ada 48 orang yang terpapar Covid-19,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Majalengka, Agus Susanto, Sabtu (12/2/2022).

Selain tingginya orang terinfeksi virus, kata dia, satu orang warga yang tengah menjalani isolasi mandiri meninggal dunia pada hari kemarin.

Total hingga hari kemarin 821 orang meninggal dunia, selama pandemi berlangsung dua tahun terakhir ini.

“Kalau warga yang tengah menjalani isolasi mandiri sebanyak 236 orang, tersebar di 25 kecamatan di kabupaten Majalengka,” ucapnya.

Agus menambahkan dari 26 kecamatan di Majalengka, hanya sembilan kecamatan yang tidak ada penambahan kasus Covid-19 baru.

Atas kejadian ini, ia kembali mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) di tengah wabah yang belum berakhir.

Kenaikan konfirmasi ini disinyalir karena lengahnya masyarakat dalam menerapkan prokes dan menganggap jika pandemi telah berakhir.

“Untuk perawatan di rumah sakit ada tambahan pasien. Total, lima pasien tengah dirawat di RSUD Cideres dan dua pasien di RSUD Majalengka,” jelas dia.

Kepala Dinas Kesehatan Majalengka H Harizal Harahap menuturkan, dari hasil penelitian dari data sampel rumah sakit rujukan Covid-19, RSPI Sulianti Saroso, terhadap pasien Covid-19 yang dirawat di ICU menunjukkan vaksinasi sangat penting untuk mengurangi risiko fatal infeksi Covid-19.

Dari 12 sampel pasien Covid-19 yang dirawat dengan kondisi berat dan kritis, 6 pasien (50 persen) belum melakukan vaksinasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved