Breaking News:

Gempa Kagetkan Warga Sukabumi Selatan, Saat Duduk Kursi Terasa Bergoyang, BMKG Minta Warga Tenang

Gempa bumi pukul 14.14 mengagetkan warga Sukabumi selatan, Minggu (13/2/2022). Warga merasakan getaran gempa saat duduk kursi terasa bergoyang

Penulis: Dian Herdiansyah | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/DIAN HERDIANSYAH
episentrum gempa bumi di Sukabumi Selatan, Minggu (13/2/2022) siang. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Sukabumi, Dian Herdiansyah

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Gempa bumi berkekuatan 3.8 Magnitudo, mengagetkan warga Sukabumi selatan, Minggu (13/2/2022). 

Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 14.14 WIB, episenter terletak pada koordinat 7.57 LS dan 106.73 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 km, Kabupaten Sukabumi.

Triswanto (27) warga Kecamatan Ciemas, mengaku ia sempat merasakan adanya getaran gempa. Namun tidak terlalu besar.

"Iya saat itu lagi duduk di kursi tiba-tiba terasa bergoyang. Tapi gak lama hanya sebentar," ucapnya.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. 

"Gempa inu akibat aktivitas aktivitas sesar di laut pada bagian dalam dari lempeng Eurasia," ujar Hartanto dalam rilisnya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI. 

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ucap Hartanto.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Kami berharap kepada masyarakat agar tenang dan tidak terpengaruh informasi hoaks. Karena gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Hartanto. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved