Yuk Kenali Skin Barrier, Agar Tahu Cara Perawatan Kesehatan Kulit yang Tepat Saat Pandemi

Skin barrier pada kulit setiap orang berbeda karena itu perlu dikenali sebelum melakukan perawatan kesehatan kulit terutama saat pandemi

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi perawatan kulit 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kondisi pandemi yang belum kian membaik, apalagi dengan adanya omicorn mengharuskan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan lebih ketat memakai masker saat berada di luar rumah.

Penggunaan masker di masa kebiasaan baru ini dapat memunculkan permasalahan kesehatan kulit.

Namun, di sisi lain, situasi ini juga meningkatkan tren baru di tengah masyarakat mengenai pentingnya perawatan kulit terutama dalam hal kecantikan.

Penggunaan skincare pun menjadi meningkat pesat terutama skincare untuk pencuci wajah, serum, dan pelembap.

Dermatovenerologist, dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, mengatakan di masa pandemi membuat berbagai jenis permasalahan kulit khususnya di area masker semakin banyak.

"Masalah kulit baru di area wajah ini seringkali muncul sehingga banyak skincare yang menghadirkan solusi untuk memberikan kulit sehat," ujar dr Kardiana dalam peluncuran virtual Marina Expert White and Glow, Kamis (10/2/2022).

Untuk mendapatkan kulit sehat yang cerah dan bercahaya, dr Kardiana menyebutkan untuk memperhatikan bagaimana kondisi skin-barrier terlebih dahulu di masing-masing wajah.

Skin-barrier adalah lapisan kulit paling luar yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet, polusi, racun, maupun patogen yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh.

"Skin-barrier memiliki peranan yang penting dalam membantu menjaga kelembaban alami serta kesehatan kulit. Jika fungsi skin-barrier terganggu, maka kulit dapat mengalami risiko dehidrasi dan mempercepat terbentuknya melanin," ujarnya.

Ciri-ciri kerusakan skin-barrier kata dr Kardiana yang mungkin tidak disadari sebelumny adalah kulit kering, gatal, dan kemerahan atau kulit menjadi lebih sensitif.

"Kondisi kulit seperti ini dapat dipicu oleh kebiasaan sehari-hari, seperti cara mencuci dan menggunakan sabun wajah yang tidak tepat, malas menggunakan pelembab, atau bisa juga karena penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan
jenis kulit," ujarnya.

Agar perempuan muda Indonesia mendapatkan kulit sehat, cerah, dan bercahaya, Marina meluncurkan produk di kategori skincare Marina Expert White and Glow dengan kandungan duo-expert nia-ceramide.

Senior Head Brand Investment & Consumer Engagement Marina mengatakan, Marina Expert White and Glow hadir untuk
memenuhi kebutuhan perawatan dan nutrisi kulit untuk mendapatkan kulit sehat, cerah dengan zero paraben dan 0% alkohol yang disesuaikan untuk kebutuhan jenis kulit yang berbeda.

“Kandungan paraben produk perawatan kulit yang melebihi batas tentunya tidak baik bagi kesehatan kulit, begitu juga dengan kandungan alkohol yang terlalu tinggi pada produk kecantikan dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi,” katanya.

Bagi pencinta skincare, Anda bisa memilih varian bright booster untuk kulit normal dan untuk mendapatkan kulit cerah dan glowing.

Lalu ada juga hydra lock untuk kulit kering dan dehydrated yang bermanfaat dalam membuat kulit lembab dan kenyal.

Selain itu ada juga produk moisturizing gel for face and body yang bisa dijadikan sebagai face mask, sleeping mask, pelembab tubuh serta perawatan kuku.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved