Aplikasi Ini Permudah Pembayaran Digital untuk UMKM dan Pelanggan, Cukup Satu QR Code

SooltanPay, aplikasi pembayaran UMKM dari PT Telkom permudah pembayaran digital untuk umkm dan pelanggan

Editor: Siti Fatimah
dok Telkom

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - SooltanPay, aplikasi pembayaran UMKM dari PT Telkom, mengunggulkan fitur utama mereka yakni QRIS (Quick Response Indonesian Standard). Rahmat Danu Andika, Tribe Leader Small Medium Business (SMB) Digitalization, mengatakan, pada era digitalisasi sekarang, perkembangan teknologi membuat semua hal menjadi lebih mudah termasuk dalam hal bertransaksi.

Salah satu inovasi teknologi terbaru yaitu pembayaran digital.

"Salah satu bentuk teknologi pembayaran digital adalah QRIS atau QR Code yang dapat digunakan untuk bertransaksi. SooltanPay merupakan aplikasi digital untuk UMKM Indonesia yang memiliki fitur utama QRIS," katanya dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: UMKM Akan Dapat Prioritas Alokasi Anggaran PEN? Berikut Penjelasan Menko Airlangga

Menurut dia, SooltanPay menyediakan metode pembayaran untuk toko ritel skala UMKM yang dapat dibayar sesuai kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi non-tunai melalui scan QR Code yang sudah terintegrasi QRIS dari Bank Indonesia.

Caranya, kata dia, sangat mudah yakni bergabung di SooltanPay dan mendaftarkan toko yang dimiliki, maka dengan proses satu hari kerja, akan langsung mendapatkan QR Code yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

Adapun keuntungan QRIS adalah transaksi lebih mudah karena mitra UMKM hanya hanya memerlukan satu QR Code saja.

Hal ini juga akan menciptakan lebih banyak alternatif pembayaran, sebab pelanggan bisa bebas memilih pembayaran digital dari berbagai e-wallet seperti DANA, OVO, GoPay, Link Aja, Shopee Pay, dan M-Banking.

"Pembayaran digital otomatis bisa menghindari penipuan uang palsu. Selain itu, QRIS adalah produk Bank Indonesia yang tentunya aman digunakan. Mitra UMKM juga tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian nominal kecil," katanya.

Baca juga: Majukan UMKM di Jabar, Banten, dan Nasional, bank bjb Gandeng Investree Luncurkan UMKM Channeling

Rahmat melanjutkan, benefit lainnya adalah memudahkan analisis penjualan karena transaksi tercatat secara otomatis dan secara real time.

Sehingga, pemilik usaha akan mudah menelusuri dan menganalisis uang yang masuk serta seluruh pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah.

"Sistem pembayaran ini mendukung berbagai macam transaksi dengan lebih efisien dan efektif. Bukan hanya pemilik toko saja yang diuntungkan pembayaran digital, namun sudah banyak pelanggan beralih menggunakan pembayaran digital karena dirasa lebih aman, nyaman dan cepat," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved