Penangkapan Terduga Teroris

Densus 88 Kembali Tangkap 2 Terduga Teroris, Mereka Pelarian JI Kelompok Riau

Tim Densus 88 Antiteror Polri mengungkapkan peran kedua tersangka teroris Jamaah Islamiah (JI) berinisial RMP dan AW yang ditangkap di daerah Tapanuli

Editor: Ravianto
tribunjabar/firman wijaksana
Petugas mengamankan lima orang terduga teroris di Malangbong, Garut, Selasa (21/5/2019). Dua orang terduga teroris ditangkap Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror di Tapanuli, Sumatera Utara, 9 Februari 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim
 
TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Dua orang terduga teroris ditangkap Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror di Tapanuli, Sumatera Utara, 9 Februari 2022.

Tim Densus 88 Antiteror Polri mengungkapkan peran kedua tersangka teroris Jamaah Islamiyah (JI) berinisial RMP dan AW yang ditangkap di daerah Tapanuli, Sumatera Utara pada (29/2/2022).

Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar menyampaikan bahwa RMP pernah tergabung dalam struktur anggota Jamaah Islamiah (JI) yaitu Ketua Tim Sembada Korda Riau pada 2020 lalu.

Lalu, dia juga pernah melakukan pendidikan kader Adira Jamaah Islamiyah (JI).

Sebaliknya, dia juga pernah menjadi kelompok JI yang melarikan diri dari Riau.

"RMP adalah pelarian Kelompok Jamaah Islamiyah Riau yang melarikan diri dan bersembunyi di Sumatera Utara," ujar Aswin saat dikonfirmasi, Rabu (9/2/2022).

Selanjutnya, kata Aswin, rekan RMP yang tak lain AW merupakan penanggung jawab unit kecil perekrutan anggota baru Jamaah Islamiah (JI) Tamhiz 2 (TAM 2). 

Pada 1999, Aswin menuturkan AW pernah menjadi Qoid Qirdas Tapanuli Selatan di bawah Wakalah Sumbagut. Saat ini, dia juga telah mengisi struktur jabatan JI di Tapanuli Selatan.

"Saat ini merupakan anggota bidang T3 (Taklim, Tarbiyah, Tamhiz) dan selaku penanggung jawab sekaligus pengisi kajian TAM 2 (Tamhiz 2) wilayah Tapanuli Selatan," pungkas Aswin.

Diberitakan sebelumnya, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap terduga teroris di daerah Tapanuli, Sumatera Utara pada (29/1/2022). Total, ada dua orang terduga teroris yang ditangkap. 

Hal tersebut dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. Adapun identitas kedua teroris tersebut adalah RMP dan AW.

"Hari Sabtu tanggal 29 Januari 2022, tim Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap dua terduga teroris atas nama RMP ditangkap di Tapanuli Selatan dan atas nama AW ditangkap di Tapanuli Tengah," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/1/2022).

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved