Covid di Cirebon

Bukan Hanya Bandung Raya, Kota Cirebon Pun Terapkan PPKM Level 3, Siswa SD Hingga SMA Terpapar Covid

Ada peningkatan 10 persen kasus Covid-19 di Kota Cirebon dalam sepekan terakhir.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar
Suasana Alun-Alun Sangkala Buana yang akan diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil hari ini di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (4/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Cirebon dari level 1 naik ke level 3.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, hal itu dikarenakan cepatnya penambahan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Di awal pekan kedua Februari 2022 jumlah kasus Covid-19 di Kota Cirebon bertambah 10 kali lipat dibanding akhir bulan lalu.

"Di akhir Januari 2022 jumlah pasien terpapar Covid-19 di Kota Cirebon hanya 15-an orang dan per hari ini mencapai 154 orang," ujar Agus Mulyadi saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (8/2/2022).

Ia mengatakan, jumlah tersebut dapat bertambah karena saat ini terdapat sampel dari tracing kontak erat yang masih menunggu hasil uji laboraturium.

Selain itu, 154 pasien tersebut juga berasal dari kalangan pelajar SD, SMP, SMA, dan sederajat asal Kota Cirebon yang dinyatakan positif Covid-19.

Menurut dia, kasus virus korona baru di kalangan pelajar itu merupakan bagian dari evaluasi pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang dibuka sejak pertengahan Januari 2022.

"Harus diakui, penambahan kasus Covid-19 di Kota Cirebon sangat cepat hanya dalam kurun waktu satu minggu," kata Agus Mulyadi.

Agus menyampaikan, dari total pasien Covid-19 saat ini sebagian besarnya menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Pasalnya, mereka termasuk kategori pasien tanpa gejala dan gejala ringan. Namun, ada juga pasien yang dirawat intensif di ruang isolasi rumah sakit.

"Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit enggak banyak, dan mereka juga sebenarnya bergejala sedang," ujar Agus Mulyadi.

Baca juga: Waspada, Indramayu Naik Status Jadi PPKM Level 2, Perketat Prokes, Covid-19 Mulai Meningkat Lagi

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved