Revitalisasi Alun-alun Cirebon, Ridwan Kamil Gatal Lihat Kesemrawutan dan Ingat Jas Merah Bung Karno

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengungkapkan alasannya merevitalisasi Alun-Alun Kaspuhan yang kini diberi nama Alun-Alun Sangkala Buana.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNCIREBON.COM/AHMAD IMAM BAEHAQI
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, bersama istri meninjau hasil revitalisasi Alun-Alun Sangkala Buana, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (4/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengungkapkan alasannya merevitalisasi Alun-Alun Kaspuhan yang kini diberi nama Alun-Alun Sangkala Buana.

Ia bercerita rencana itu tercetus beberapa tahun lalu saat menghadiri Festival Masjid yang digelar PBNU di alun-alun yang lokasinya berdekatan dengan Masjid Agung Sang Cipta Rasa tesebut.

Kala itu, ia menilai lokasinya sangat strategis karena berada di depan Keraton Kasepuhan, namun tidak representatif karena tidak tertata dengan baik.

"Background saya arsitektur, sehingga kalau melihat kesemrawutan atau ketidakrapihan jadi gatal ingin turun tangan," kata Ridwan Kamil saat ditemui usai meresmikan Alun-Alun Sangkala Buana, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (4/2/2022).

Ia mengatakan, hal itu didorong semangatnya sebagai orang yang sangat mencintai sejarah sehingga langsung terpikirkan untuk merevitalisasinya.

Kini, Kang Emil mengaku bangga melihat hasil revitalisasi Alun-Alun Sangkala Buana karena seperti kembali ke masa lalu, bahkan aura sejarahnya pun sangat terasa.

Baca juga: Resmikan Alun-alun Sangkala Buana Cirebon, Ridwan Kamil: Tepati Janji pada Sultan Sepuh XIV

Menurut Ridwan Kamil, kecintaannya terhadap sejarah tidak lepas dari nasehat Bung Karno, yakni Jas Merah atau "jangan sekali-kali melupakan sejarah".

Bahkan, pihaknya mengibaratkan sejarah seperti spion yang harus dilihat agar jalan ke depan lebih tenang dan nyaman serta tidak menemui halangan apapun.

"Hari ini ada karena rencana di masa lalu, dan hari ini kita berencana untuk menyiapkan masa depan. Alun-alun ini juga sebagai bentuk terima kasih saya kepada leluhur," ujar Ridwan Kamil.

Dalam peresmian itu, hujan deras sempat mengguyur wilayah Alun-Alun Sangkala Buana. Bahkan, Gubernur Ridwan Kamil tampak menandatangani prasasti peresmiannya sambil dipayungi Ibu Cinta.

Di tengah guyuran hujan, keduanya pun tampak berfoto di areal Alun-Alun Sangkala Buana didampingi sejumlah pejabat sebelum meninggalkan lokasi.

Konsep Sejarah Lebih Menonjol

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil mengaku menginginkan alun-alun yang direvitalisasi sejak pertengahan 2021 itu menonjolkan konsep sejarahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved