Alun Alun Sangkala Buana

Keraton Kasepuhan Cirebon Punya Alun-Alun Berwajah Baru yang Kekinian, Diresmikan Gubernur Sore Ini

Alun-Alun Keraton Kasepuhan telah selesai direvitalisasi dan rencananya akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada hari ini.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Suasana Alun-Alun Sangkala Buana yang akan diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil hari ini di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (4/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Alun-Alun Keraton Kasepuhan telah selesai direvitalisasi dan rencananya akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada hari ini.

Revitalisasi alun-alun yang kini diberi nama Alun-Alun Sangkala Buana itu dimulai pertengahan 2021 dan menggunakan dana dari Pemprov Jabar senilai Rp 10,4 miliar.

Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK), Ratu Raha Alexandra Wuryaningrat, mengatakan, rencananya seremoni peresmian Alun-Alun Sangkala Buana dimulai pukul 15.00 WIB.

Saat ini pihaknya tengah sibuk menyiapkan acara peresmian tersebut dan memastikan kondisi alun-alun dari mulai kebersihan hingga sarana serta prasarananya siap.

"Persiapan dari beberapa hari lalu sudah dilakukan dan sekarang tinggal finishing untuk memastikan acara peresmiannya berjalan lancar," kata Alexandra Wuryaningrat saat ditemui di Keraton Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (4/2/2022).

Ia mengatakan, seremoni peresmian Alun-Alun Sangkala Buana diawali penampilan tari Topeng Cirebon untuk menyambut kedatangan rombongan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Selain itu, Kang Emil juga direncanakan menandatangani prasasti dan menggunting pita sebagai tanda peresmian alun-alun yang berada persis di depan kompleks Keraton Kasepuhan tersebut.

Pihaknya bersyukur, setelah direvitalisasi, alun-alun itu kondisinya lebih tertata dan kekinian sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bersantai.

"Sekarang kondisinya lebih rapi dan cantik sehingga dapat dijadikan spot foto baru di sekitar Keraton Kasepuhan," ujar Alexandra Wuryaningrat.

Ia berharap, masyarakat dapat bersama-sama menjaga kebersihan dan kondisi Alun-Alun Sangkala Buana yang telah direvitalisasi tersebut.

Pasalnya, menurut dia, sarana dan prasarana alun-alun sebagai ruang terbuka hijau (RTH) harus dijaga dengan baik demi kenyamanan bersama. (*)

Suasana Alun-Alun Sangkala Buana yang akan diresmikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, hari ini di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (4/2/2022).

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved