Puluhan Anggota TNI dan Polri Serbu Kantor SAR Bandung, Ternyata Ini Alasannya

Puluhan anggota TNI dan Polri mendatangi Kantor SAR Bandung pagi tadi.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Pada ulang tahun ke-50 Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas), Kantor SAR Bandung mengadakan aksi donor darah, Rabu (2/2/2022). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Puluhan aggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mendatangi Kantor SAR Bandung di Jalan Raya Bandung-Garut, Sindangpakuon, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat

Kedatangan mereka secara berbondong-bondong, Rabu (2/2/2022) itu ternyata untuk berdonor darah. 

Pada ulang tahun ke-50 Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas), Kantor SAR Bandung mengadakan aksi donor darah. 

Aksi ini tentu saja bukan hanya diikuti anggota TNI dan Polri, namun juga internal Kantor SAR Bandung sendiri. 

Masing-masing pendonor terlebih dahulu dinyatakan telah bebas dari Covid-19 dan telah menjalani vaksinasi anti-Covid-19 secara lengkap. 

Mereka juga dicek kesehatannya.

Syarat utama donor darah adalah pada malam hari sebelum donor, tidur pendonor tidak kurang dari 5 jam. Juga sebelum mendonor telah mendapat asupan sarapan. 

Terlihat di ruangan lantai 2 Kantor SAR Bandung, sejumlah velbed dipasang untuk tempat berbaring para pendonor.

Aktivitas donor sendiri ditangani Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang. 

Kepala Kantor SAR Bandung, Dede Ridwansyah mengatakan bahwa aksi donor darah ini serentak di seluruh Indonesa yang digelar di masing-masing Kantor SAR.

Aksi donor ini dibuka langsung Kepala Badan SAR Nasional secara virtual. 

"Hari ini HUT Basarnas. Bakti sosial donor darah secara serentak di seluruh Indonesia. Dan dalam hal ini kami bekerjasama dengan PMI Sumedang, juga melibatkan unsur TNI baik dari Yonif 330 dan Kodim Sumedang, juga Polri baik dari Brimob maupun Polres Sumedang dan Polsek," kata Deden saat diwawancarai TribunJabar.id di sela-sela acara. 

Deden menargetkan dari aksi donor darah tersebut terkumpul sebanyak 300 labu darah yang akan menjadi stok darah di Kantor PMI Sumedang. 

Namun, jika jumlah itu tidak tercapai, Deden akan mengerahkan potensi SAR. Yakni, masyarakat umum yang telah selalu bekerja sama dengan Kantor SAR Bandung dalam tugas-tugas pencarian dan pertolongan. 

"Mudah-mudahan ini bisa tercapai 300 labu. Jika tidak, kami akan meminta bantuan ke potensi SAR, ada forum koordinasi potensi SAR. Namun tetap kami batasi karena Omicron sedang mewabah," kata Deden.

Baca juga: SAR Bandung Imbau Wisatawan Jaga Keselamatan, Pendaki Koordinasi dengan Basarnas

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved