Disiapkan untuk Pilgub Jabar atau Pilwalkot Bandung, Muhammad Farhan Pilih Mana?

Nama Muhammad Farhan, eks presenter ternama yang kini jadi anggota DPR RI dari Nasdem, disiapkan maju di Pilgub Jabar atau Pilwalkot Bandung.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Anggota DPR RI Muhammad Farhan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdulrahman.

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Nama Muhammad Farhan, eks presenter ternama yang kini jadi anggota DPR RI dari Nasdem, disiapkan maju di Pilgub Jabar atau Pilwalkot Bandung.

Seperti diberitakan, Pilgub Jabar 2024 dan Pilkada Kota Bandung digelar setelah Pemilu 2024. Partai Nasdem sendiri di Pilgub Jabar 2018 mengusung Ridwan Kamil .

"Untuk pilkada Jabar kita banyak kader berkualitas, salah satunya ada Farhan yang sudah terkenal, dia anggota DPR RI, publik figur dan punya kemampuan," Ujar Ketua DPW Partai Nasdem Jabar, Saan Mustofa di Jalan Gatot Soebroto, Minggu (30/1/2022) malam.

Hanya saja, untuk bisa melaju ke Pilgub Jabar atau di Pilwalkot Bandung, M Farhan harus ikut dulu Pileg 2024.

Baca juga: Jelang Pileg 2024, Nadem Pastikan Rekrutmen Caleg Tanpa Politik Mahar untuk Cegah Korupsi

"Saya yakin dia (Farhan) bisa berkompetisi dengan calon lain. Kalau misalkan untuk ke kota juga kita dorong farhan untuk maju," katanya.

Dengan dua opsi itu, Pilgub Jabar atau Pilwalkot Bandung, Farhan bisa leluasa memutuskan pilihannya. Dua pilihan itu, kata Saan Mustofa, sangat memungkinkan.

"Farhan bisa juga maju di pilgub Jabar, bisa juga nanti di kota Bandung , antara dua itu saja, dan dua duanya sangat memungkinkan karena sudah memenuhi kualifikasi yang ditentukan partai nasdem," jelasnya. 

Menurutnya, Farhan bisa maju setelah melaksanakan pemilihan legislatif di bulan Februari 2024. Setelah berhasil mencapai target, Farhan bisa saja maju di Pilgub Jabar ataupun Pilwalkot Bandung di bulan November 2024. 

"Jadi dia maju dipileg, lalu terpilih dan mempersiapkan diri untuk di pilkada kan sangat mungkin. Jadi secara prinsip dari 27 kabupaten kota kita akan maksimalkan yang akan kita calonkan adalah kader kader partai nasdem, baik untuk gubernur pun akan kita calonkan kader dari partai nasdem. bukan dari luar kader," jelasnya. 

Baca juga: DPD Partai NasDem Kota Bandung Berikan Vaksin Pfizer dan Moderna sebagai Booster

Muhammad Farhan menanggapi. Dia siap diusung baik di Pilgub Jabar maupun di Pilwalkot Bandung. Namun demikian dirinya harus berjuang terlebih dahulu di pemilihan legislatif secara maksimal. 

"Insyaalloh kita maju, hanya saja syaratnya berat kaena mesti dominan di pemilu. Jadi sekarang siapapun yang mau maju ke pilkada jangan ngomong apa apa dulu sebelum menang di pemilu," kata Farhan pada kesempatan sama.

Pilkada sendiri akan digelar setelah Pilpres 2024 dan Pemilu 2024. Artinya, sebelum memutuskan maju ke Pilgub Jabar atau Pilwalkot Bandung, dia merasa berkewajiban meraih suara di Pileg 2024

"Karena syarat untuk mendukung calon kepala daerah itu hasil Pileg 2024. Jadi kalau memang ternyata saya dapat tugas ke provinsi saya musti abis abisan supaya 15 dapil untuk DPRD Provinsi terisi, dan di saat bersamaan saya harus terpilh lagi di jabar 1," kata dia.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved