Ingin Produk Dikenal Konsumen? Berikut Startegi dan Cara Membangun Brand Awareness Pada Bisnis

Ingin Produk Dikenal Konsumen? Berikut Startegi dan Cara Membangun Brand Awareness Pada Bisnis

Editor: Siti Fatimah
istimewa
Startegi dan Cara Membangun Brand Awareness Pada Bisnis 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Istilah Brand Awareness kerap kita dengar, terlebih saat pandemi belakangan ini dimana orang banyak memanfaatkan teknologi digital dalam beraktivitas membuat Brand awarennes menjadi penting. Namun sebenarnya apa itu Brand Awareness dan bagaimana cara membangunnya pada bisnis. Sebelumnya kita perlu tahu dulu apa itu Brand Awareness.

Brand Awareness  adalah tingkat kesadaran merek pada masyarakat yang dapat dibangun demi kesuksesan bisnis Anda dengan strategi berikut ini. Saat melihat simbol centang yang terpampang pada produk sepatu, apa kira-kira yang terlintas di benak Anda? Atau mungkin ketika melihat huruf M berwarna kuning terang di restoran siap saji? Kebanyakan orang pasti akan langsung teringat pada brand produk tersebut, bukan?

Nah inilah yang disebut kesadaran merek alias brand awareness. Jadi apa itu brand awareness? Singkatnya pengertian brand awareness adalah tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu brand. Jadi saat disebutkan namanya atau melihat logonya, orang dapat langsung mengasosiasikannya secara tepat dengan sebuah brand, inilah yang disebut kesadaran merek.

Audiens akan segera membayangkan produknya karena nama produk itu demikian populer dan sudah melekat di ingatan. Dari paparan di atas, tentu Anda dapat menyimpulkan jika brand awareness adalah hal krusial dalam suatu bisnis. Inilah ujung tombak pemasaran dan senjata ampuh untuk menghadapi kompetisi gila-gilaan dalam dunia bisnis. Pasalnya, mustahil membuat publik mengetahui keunggulan brand Anda jika orang tak mengenalnya.

Strategi Membangun Brand Awareness

Dalam marketing funnel pembangunan brand awareness itu berada pada tahap paling awal. Artinya jika upaya ini kurang sukses maka tentu akan berdampak langsung pada penjualan dan profit Anda. Lalu bagaimana cara membangun brand awareness yang efektif? Sebagaimana yang dikutip dari publikasimedia.com, ini beberapa strategi yang dapat Anda terapkan.

Membuat kampanye personal

Dalam membangun brand awareness akan lebih efektif jika Anda merepresentasikan individu alih-alih perusahaan. Di sini Anda perlu menjelaskan bisnis Anda secara personal kepada konsumen demi meninggalkan kesan yang mendalam. Jadi bukan sekedar menjual produk atau jasa secara blak-blakan. Langkah tersebut akan memberikan hasil yang memuaskan jika sebelumnya Anda dapat memetakan orang-orang berpotensi membutuhkan produk/layanan Anda.

Inilah yang disebut dengan targeting yang bertujuan mendapatkan data calon konsumen tertarget. Dengan begitu Anda juga lebih mudah terkoneksi secara personal dengan mereka.

Tetap terhubung dengan konsumen

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved