Akselerasi Digitalisasi Sumatera Utara, Leap Hadirkan Beragam Produk dan Layanan Digital

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus menghadirkan berbagai produk dan layanan digital demi memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat. De

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (kedua dari kanan) menyerahkan cindera mata kepada Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (paling kanan) disaksikan Executive Vice President Telkom Regional I Area Sumatera Semly Saalino (kedua dari kiri) dan Vice President Digital Business Strategy Telkom Riza A. N. Rukmana (paling kiri) usai audiensi untuk memperkenalkan lebih lanjut tentang produk dan layanan digital di bawah naungan Leap yang dapat mendukung aktivitas pemerintahan demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Medan, Jumat (21/1). 

TRIBUNJABAR.ID, Jakarta, 24 Januari 2022 – Sebagai upaya untuk mengakselerasi digitalisasi Indonesia sekaligus sejalan dengan langkah untuk transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus menghadirkan berbagai produk dan layanan digital demi memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat. Demi memastikan implementasi digitalisasi dapat dilakukan oleh seluruh segmen baik instansi, korporasi hingga pemerintah, Telkom secara aktif menjalin kerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kali ini, Telkom melalui brand Leap-Telkom Digital (Leap) hadir di Provinsi Sumatera Utara tepatnya kota Medan untuk mendukung digitalisasi di daerah sisi barat Indonesia tersebut.

Pada akhir pekan lalu (21/1), Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid melakukan audiensi dengan Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi dan Walikota Medan, Bobby Nasution untuk memperkenalkan lebih lanjut tentang produk dan layanan digital di bawah naungan Leap yang dapat mendukung aktivitas pemerintahan demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Adapun produk-produk yang diperkenalkan antara lain Agree, BigBox, PaDi UMKM, dan TravelAja.

Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Walikota Medan Bobby Nasution usai audiensi untuk memperkenalkan lebih lanjut tentang produk dan layanan digital di bawah naungan Leap yang dapat mendukung aktivitas pemerintahan demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Medan, Jumat (21/1).
Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Walikota Medan Bobby Nasution usai audiensi untuk memperkenalkan lebih lanjut tentang produk dan layanan digital di bawah naungan Leap yang dapat mendukung aktivitas pemerintahan demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Medan, Jumat (21/1). ()

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Program Smart Government Services melalui Satu Data Indonesia, Eksplorasi Digitalisasi Ekosistem Pertanian dan Perkebunan, serta Eksplorasi Kerja sama Digitalisasi UMKM antara General Manager Witel Medan, Mustakim Wahyudi dengan Pejabat Pemkot Medan. Setelah sebelumnya, secara terpisah penandatanganan ini juga dilakukan dengan Pemkot Binjai, Pemkab Dairi, dan Pemkab Karo.

Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi menyambut baik inisiatif Telkom dalam mewujudkan digitalisasi pemerintah daerah khususnya di provinsi Sumatera Utara dengan empat layanan digital, yaitu Agree, BigBox, PaDi UMKM, dan TravelAja. Edi menyampaikan bahwa ini merupakan insiatif yang penting dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan, yang bermanfat dari proses perencanaan, penganggaran hingga implementasi di lapangan terkawal dengan baik. Terlebih, literasi digital masyarakat juga perlu didorong.

(Kanan-Kiri) Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, General Manager Witel Sumatera Utara Remigius Adam Widodo, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dairi Aryanto Tinambunan, dan Executive Vice President Telkom Regional I Area Sumatera Semly Saalino usai penandatanganan Nota Kesepahaman Program Smart Government Services melalui Satu Data Indonesia, Eksplorasi Digitalisasi Ekosistem Pertanian dan Perkebunan, serta Eksplorasi Kerja Sama Digitalisasi UMKM antara Telkom Witel Sumatera Utara dengan Pemkot Binjai, Pemkab Dairi, dan Pemkab Karo di Medan, Kamis (20/1).
(Kanan-Kiri) Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, General Manager Witel Sumatera Utara Remigius Adam Widodo, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dairi Aryanto Tinambunan, dan Executive Vice President Telkom Regional I Area Sumatera Semly Saalino usai penandatanganan Nota Kesepahaman Program Smart Government Services melalui Satu Data Indonesia, Eksplorasi Digitalisasi Ekosistem Pertanian dan Perkebunan, serta Eksplorasi Kerja Sama Digitalisasi UMKM antara Telkom Witel Sumatera Utara dengan Pemkot Binjai, Pemkab Dairi, dan Pemkab Karo di Medan, Kamis (20/1). ()

Selain itu, Walikota Medan Bobby Nasution juga menyampaikan apresiasi atas inisiatif Telkom dalam mendukung digitalisasi Indonesia hingga ke daerah, "Kami mengapresiasi atas dukungan Telkom dalam hal percepatan digitalisasi khususnya bagi UMKM Medan di tengah pandemi ini."

Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid menyampaikan terima kasih atas sambutan baik dari Pemda Sumatera Utara atas inisiatif Telkom melalui beragam produk digital. “Sebagai BUMN telekomunikasi, Telkom berkomitmen untuk mendukung peningkatan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia demi mengakselerasi transformasi untuk kedaulatan digital Indonesia. Leap merupakan wujud dukungan kami untuk digitalisasi di berbagai sektor dan aspek kehidupan masyarakat, termasuk pemerintah. Diharapkan Leap ke depannya dapat memudahkan aktivitas pemerintahan kota dan kabupaten di Sumatera Utara sehingga dapat lebih berdaya saing dan siap menjadi kota/kabupaten digital,” ungkap Fajrin.

Lebih lanjut Fajrin menjelaskan untuk mendukung digitalisasi pemerintahan, Telkom menyediakan berbagai solusi layanan. Telkom memiliki digitalisasi Satu Data melalui BigBox, platform full stack big data untuk korporasi dan pemerintah dalam hal tata kelola data. Untuk pelaku usaha lokal, ada Pasar Digital (PaDi UMKM) yang merupakan ekosistem berbasis platform digital yang berfungsi untuk mempertemukan UMKM dengan BUMN guna meningkatkan peluang untuk memperoleh transaksi dan pembiayaan. Selanjutnya, Agree merupakan produk digital yang berperan dalam pengembangan ekosistem pertanian secara digital. Agree datang sebagai solusi dari sisi hulu, produksi, sampai hilir pertanian dan terbuka untuk berkolaborasi dengan seluruh stakeholder di pertanian. Saat ini Agree tidak hanya bergerak di sektor pertanian, tapi juga sektor perikanan dan peternakan. Terakhir, untuk mendukung digitalisasi pariwisata, Telkom menghadirkan TravelAja yang fokus pada ekosistem pariwisata dengan fungsi utama sebagai end-to-end platform untuk mengelola perjalanan dinas dan perjalanan personal, serta untuk digitalisasi industri pariwisata.

“Ke depannya, Telkom melalui Leap akan terus berkontribusi untuk memberikan yang inovasi terbaik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat karena kami meyakini dengan adanya digitalisasi, kita optimistis dapat menjadikan Indonesia yang lebih baik,” tutup Fajrin.

Leap merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses https://leap.digitalbisa.id/.

#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved